Tuesday, August 16, 2011

Imajinasi Tentang Teknologi Media Komunikasi di Masa Depan


Nama : Rosa Afriani
NPM : D1E009115 
Dalam kemajuan teknologi di zaman dewasa ini tidak menutup kemungkinan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin selama manusia mempunyai konsep pemikiran. Dan terjadinya perkembangan teknologi ini tidak terlepas dari komunikasi dan komunikasi lah yang menjadi pengaruh dalam perkembangan teknologi yang ada pada zaman yang serba canggih ini. Mungkin sering kali kita mengabaikan hal-hal yang dalam sehari-hari kita alami. Dan tanpa sadar dari sanalah kita dapat mendorong pemikiran untuk menciptakan sesuatu.
Sesuatu itulah yang akan kita coba cari untuk menciptakan  suatu teknologi yang mempermudah kehidupan kita sehari-hari . Namun demikian untuk menciptakan suatu teknologi di perlulah sebuah pemikiran yang mampu membuat teknologi tersebut menjadi sesuatu yang bisa di gunakan dengan baik . Melihat perkembangan pada zaman dewasa ini tidak sedikit perkembangan teknologi di gunakan untuk hal-hal yang kurang baik bahkan merugikan . Untuk itu sebelum kita menciptakan suatu teknologi kita harus memikirkan pula dampak apa yang akan terjadi ketika suatu teknologi itu di ciptakan .
Banyak hal yang dapat kita pelajari dari perkembangan teknologi yang ada pada zaman dewasa ini untuk menjadi progess  dalam menciptakan suatu teknologi . Teknologi itu diciptakan  karena  kebutuhan manusia itu sendiri. Semakin lama manusia akan berfikir bagaimana menciptakan kemudahan untuk suatu kebutuhan yang mereka miliki . Dan hal itu di dorong oleh kemauan dan kebutuhkan mereka dalam menjalankan aktivitas sehari.hari. Kebutuhan manusia akan selalu berubah seiring jalannya waktu . Sehingga menuntut manusia untuk berfikir bagaimana menciptakan suatu teknologi untuk memenuhi dan mempermudah kebutuhan mereka.
Di dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita merasakan bosan dan penat dalam kemacetan suatu jalan raya, misalkan saja contohnya di Jakarta di daerah itu selalu saja ramai dengan kendaran yang berdesak.desakan dalam menyusuri jalan . Kita juga begitu bosan dan penat dalam kemacetan tersebut . Banyak pula waktu yang tersita akibat kemacetan tersebut .Belum lagi kita berkejar-kejaran dengan waktu untuk bisa tepat waktu dalam mencapai tempat tujuan .
Dari sanalah terfikir oleh saya bagaimana kalau di ciptakan teknologi canggih untuk mengatasi suatu kemacetan tersebut agar dapat di minimalisirkan keadaannya . Mungkin dengan di ciptakannya suatu kendaran yang dapat menembus kemacetan tersebut yang di dukung oleh semacam teknologi dari kendaran sehingga dapat terbang di atas udara dengan ketinggian di bawah pesawat terbang.
Jadi semacam mobil yang di dukung oleh teknologi yang mutakhir masa depan  untuk terbang di atas udara sehingga pada waktu tertentu dapat menembus kemacetan tersebut dari udara jika keadaan tersebut di butuhkan mobil untuk bisa terbang. Dan ketika akan terbang bentuk dari mobil tersebut secara otomatis berubah menjadi mobil yang siap untuk terbang. Dan di atas udara pun terdapat rambu-rambu lalu lintas dalam berkendara di atasnya, hal ini tidak terlepas lagi dari di ciptakannya teknologi canggih untuk mengatur rambu-rambu lalu lintas tersebut.  Mobil tersebut bisa berjalan di atas darat dan di atas udara pada waktu-waktu tertentu yang sesuai dengan keadaannya .



Di luar negeri banyak aktivitas transportasi yang ada di bawah tanah dan dari sana saya berfikir bagaimana jika kita dapat menciptakan suatu transportasi seperti kereta api listrik yang lebih canggih lagi untuk bisa mengurangi kemacetan yang ada di darat . Kereta api listrik tersebut di dukung oleh kenyaman  para penumpang di mana ketika memasuki dalam kereta api penumpang tersebut merasa berada di suatu tempat yang sesuai dengan imajinasi yang di miliki oleh masing-masing para penumpang itu tadi .
Misalnya berimajinasi seolah-olah berada di suatu pegunungan sehinngga secara otomatis keadaan di dalam kereta tadi berubah menjadi seperti ada di gunung dengan keindahannya . Tentu saja itu hanya perasaan dari penumpang itu saja yang sedang berimajinasi selama berada di dalam kereta . Dan hal ini di sebabkan oleh teknologi canggih yang di di ciptakan untuk sebuah kereta api listrik yang ada di bawah tanah . Sehingga di rasa kenyamanannya selama dalam perjalanan suatu penumpang yang ada di dalamnya.
Dengan kenyamana yang di ciptakan teknologi canggih dari sebuah kereta api listrik di dalam tanah membuat sebagian orang berfikir untuk naik kereta api listrik saja . Selain bertujuan mengurangi kemacetan yang ada di darat juga membuat manusia untuk dapat berfikir untuk bisa menciptakan kendaraan transportasi dengan  memanfaatkan rute di bawah tanah .


Sebuah imajinasi lagi yang lain, misalnya di ciptakan sebuah meja dalam belajar yang dapat di lipat dan di bawah kemana-mana dan dapat di di simpan dalam sebuah tas . Sehingga ketika meja itu di perlukan dalam kegiatan belajar contohnya dalam perkuliahan dapat di buka dan di sesuaikan dengan ukuran yang kita butuhkan .
Atau meja tersebut juga bisa di gunakan untuk aktivitas keseharian yang lainnya sehinnga menjadi multifungsi. Ketika kita ingin sebuah meja tadi menjadi tempat makan bersama di pantai untuk piknik atau bersantai  maka meja tersebut akan berubah bentuk dan ukuran sesuai yang kita inginkan. Sesuai dengan ukuruan-ukuran meja yang sering kali di gunakan oleh kita tetapi tinggal bagaimana kita mengatur dan menyimpannya kembali sebuah meja yang canggih tadi agar mudah di pakai dan di simpan .
Tentu saja sebuah meja yang dapat di lipat dan di simpan tadi di dukung dengan sebuah teknologi mutakhir masa depan untuk bisa di ciptakan . Dan bertujuan memudahkan kita untuk menggunakan sebuah meja sebagai hal-hal tertentu baik itu untuk sarana belajar atau sebagai tempat untuk meletakkan sesuatu barang  dan makanan di atas meja tadi yang bisa di simpan dan di bawa kemana-mana .



Dan satu imajinasi lagi yaitu bagaimana jika kita dapat menciptakan suatu teknologi yang canggih lagi dari suatu benda yaitu kaca mata . Di mana kaca mata tersebut di gunakan untuk memudahkan kita dalam membaca bahasa asing untuk di terjemahkan ke dalam bahasa yang dapat kita mengerti . Dan dapat pula meciptakan rasa tertarik dari sebuah bacaan yang kita baca sehingga tidak jenuh dalam membaca .
Sebuah kaca mata  canggih ini di ciptakan untuk mempermudah kita dalam memahami bahasa asing dan agar tidak jenuh dalam membaca. Kaca mata ini juga bisa di gunakan untuk orang yang punya mata normal atau orang yang memang membutuhkan kaca mata karena penyakit mata yang min . Selain menciptakan kaca mata yang memudahkan dalam keinginan membaca juga sekaligus membantu dalam membaca bagi orang yang mempunyai mata yang min.
Demikianlah beberapa imajinasi yang saya punya untuk beberapa tahun kedepan . Hal tersebut terbesit menjadi sebuah pemikiran ketika saya mengamati dan merasakan sendiri kebutuhan dan keinginan apa yang ingin di ciptakan  ketika terjadi persoalaan yang ada dalam aktivitas kehidupan sehari.hari

No comments:

Post a Comment