Tuesday, August 16, 2011

Imajinasi Tentang Teknologi Media Komunikasi di Masa Depan


NAMA       : YESI MARLENA
NPM           : D1E009036
KOTA BERBASIS DIGITAL DAN ROBOTIKA
Dunia semakin modern orang menyebutnya era  teknologi. Kehidupan masyarakat dunia telah mengalami perubahan yang sangat cepat. Manusia semakin mudah menggapai keinginan-keinginan dengan bantuan teknologi, khususnya teknologi komunikasi seperti televisi, radio, internet, telepon, sms dan lain-lain. Bukan hal yang sulit untuk memindahkan atau bertukar budaya. Waktu dan jarak bukan lagi halangan. Berkomunikasi dengan manusia dibelahan bumi sana bisa dilakukan secara langsung.
Kemajuan dampaknya merambah begitu cepat di hampir semua aspek kehidupan, persaingan semakin menjadi-jadi terutama di bidang teknologi. Teknologi bergerak sedemikian  cepatnya sehingga dalam waktu tidak lama lagi seluruh dunia akan berubah besar-besaran. Teknologi-teknologi  baru yang sedang dikembangkan benar-benar revolusioner, hal-hal yang nyaris tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para ilmuwan dan hanya ada dalam khayalan-khayalan manusia. Suatu hari nanti dimasa depan dalam imajinasi saya, manusia mungkin bisa hidup ratusan tahun tanpa mengenal penyakit, dapat bernafas dalam air dan luar angkasa, memiliki kecerdasan yang genius, dapat bertamasyah keluar angkasa dan dalam imajinasi saya pada masa depan akan ada sebuah kota yang semua aspek kehidupannya berbasis digital dan mengunakan sistem robotik sehingga memudahkan pekerjaan manusia.  Beberapa kemajuan teknologi dalam hayalan saya pada kota masa depan berbasis digital yang diperkirakan akan merubah seluruh dunia adalah :
 1. Sistem komunikasi yang canggih berbasis digital
 2. Mesin-mesin Cerdas dan robot-robot pintar
3. Energi terdahsyat di Alam Semesta,
 4. Zaman Manusia-manusia Super hasil Rekayasa Genetika
5. Komputer super canggih
6. Mesin waktu yang bisa membawa kita ke masa yang akan datang dan masa sebelumnya seperti mesin waktu doraemon.
7. Kendaraan super canggih yang dapat digunakan didarat, laut dan udara sehingga memungkinkan orang dapat dengan mudah keluar angkasa.
8. Pemukiman yang fleksibel dan aman dari bencana alam
9. Manusia dapat bernafas dalam air
10. Penyatuan Manusia dan Mesin, seperti manusia setengah robot dan lain sebagainya.
Berikut penjelasan mengenai hayalan saya tentang suatu kota masa depan berbasis digital dan robotik.
1.       Sitem komunikasi yang canggih berbasis digital
Dimasa depan saya berimajinasi akan ada koran digital, sehingga tidak perlu mencetak hingga jutan eksemplar setiap harinya, juga tidak perlu mengurusi limbah koran bekas. Bersifat flexibel dan touch screen seukuran bingkai kecil 4R yang apabila dihidupkan akan keluar semacam bayangan yang bisa disentuh disinilah anda dapat membaca berita terhangat karena koran tyersebut akan selalu up todate secara otomatis. Tapi yang perlu di pertimbangkan pada pengadaan koran digital ini adalah akan ada banyak orang yang kehilangan pekerjaannya terutama di bagian pencetakan koran dan penyebaran koan. Begitu pula dengan televisi dan juga komputer, akan ada komputer dan televisi touch screen berbentuk bayangan yang hanya keluar apabila kita membutuhkannya. jika ingin menghidupkannya cukup menekan benda kecil berbentuk bingkai ukuran 4R tersebut maka akan keluar bayangan berbentuk layar besar seperti TV dan juga layar komputer yang bisa disentuh dan kita dapat mengganti chanel dengan cukup menyentuh tanda panah yang ada pada bayangan tersebut. Begitu juga dengan keybord pada komputer tersebut yang akan keluar dari benda kecil tersebut berupa bayangan. Sehingga flexibel. Dimasa depan akan ada handphone yang lebih canggih yaitu handphone yang apabila kita menghubungi seseorang tersebut maka orang tersebut akan keluar dari handphone itu dan Sehingga kita bisa langung bertemu dengan orang tersebut.
 
2.       Mesin-mesin Cerdas dan robot-robot pintar
Akan ada Mesin waktu, imajinasi saya dimasa depan akan ada mesin waktu yang bisa membawa kita ke masa yang akan datang dan masa sebelumnya seperti mesin waktu doraemon.
 saya berimajinasi akan ada kamera tembus pandang, jadi kamera tersebut bisa memgambil gambar walaupun di tutupi tembok tapi kamera tersebut mampu mengambil gambar karena kemampuan kamera tersebut.
Akan ada pintu kemana saja, pintu ini yang pabila dibuka akan langsung sampai dimana saja ke tempat yang kita fikirkan dan inginkan seperti pintu kemana saja milik dora emon. Dimasa depan akan ada robot pembantu yang mampu mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

3.Energi terdahsyat di Alam Semesta,
yang saya maksud energi yang dasyat dari alam adalah dimana dimasa depan akan mempunyai sumber energi baru dari alam yang dahsyat menggantikan minyak bumi. Energi ini akan begitu besar dan efisien, tidak terbatas, sangat murah, serta ramah lingkungan.
4. Zaman Manusia-manusia Super hasil Rekayasa Genetika
                Disini yang saya maksud hayalan saya mengenai akan adanya manusia-manusia super hasil rekayasa genetika adalah dilakukannya rekayasa genetika untuk menciptakan manusia-manusia masa depan yang berkualitas dan sangat unggul. Manusia yang bebas dari penyakit, yang umurnya lebih dari dari 100 tahun dan mempunyai otak yang cemerlang dengan kecerdasan mendekati genius seperti para ilmuan yang luar biasa seperti Einstein. Manusia yang genius yang mapu menyembuhkan berbagai penyakit yang mematika mampu mengganti semua sel-sel tubuh kita yang rusak dengan sempurna contohnya jika manusia tangannya putus akibat kecelakaan, tangan yang putus tersebut bisa di sembuhkan dan dapat tumbuh kembali dengan sempuat. Lalu manusia-manusia genius tersebut bisa menciptakan genetika untuk hewan dan tumbuhan yang berkualitas. Sehingga hal ini dapat membantu penghijauan,membantu panen yang bisa berlipat dan membantu melindungi hewan-hewan yang nyaris punah.
5. Komputer super canggih
 Komputer Kuantum Bayangkan sebuah komputer masa depan, yang kecepatannya ribuan kali lebih cepat dari /supercomputer/ tercepat sekarang. Ribuan kali lebih cepat dan efisien dari IBM ”Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops (1 petaflop = 10^15 operasi per detik). Inilah kedahsyatan komputer kuantum. Komputer ini begitu dahsyat karena diciptakan memakai fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement. Dalam pemecahan kode misalnya (kriptografi), untuk memecahkan kode yang digitnya sampai 140, komputer biasa akan memerlukan waktu milyaran tahun untuk memecahkannya. Tapi dengan komputer kuantum, ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja. Dengan komputer ini manusia juga akan bisa memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, seperti gempa bumi dan tornado. Dan tentu saja ini akan makin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang ada sekarang.
6. Mesin waktu yang bisa membawa kita ke masa yang akan datang dan masa sebelumnya seperti mesin waktu doraemon.

7. Kendaraan super canggih yang dapat digunakan didarat, laut dan udara sehingga memungkinkan orang dapat dengan mudah keluar angkasa.
Menurut hayalan saya di masa depan ada mobil yang bisa terbang, dapat melaju dengan bebas di jalan raya namun juga bisa terbang dengan baik di udara. Mobil ini cocok untuk kota besar seperti jakarta. Mobil ini juga tidak memerlukan lintasan yang luas untuk menerbangkannya karena bisa langsung terbang dan sayapnya juga bisa dilipat sehingga bisa masuk ke garasi rmh seperti mobil pada umumnya. Kemudian juga akan ada pesawat tempur yang tidak terlihat, sehingga bisa digunakan pada saat tempur.
8. Pemukiman yang fleksibel dan aman dari bencana alam
9. Manusia dapat bernafas di dalam air.
10. Penyatuan Manusia dan Mesin, seperti manusia setengah robot dan lain sebagainya.
.                                                                                                                                                                      
Semua hal diatas dalam khayalan saya akan terwujud dalam suatu daerah atau suatu kota bahkan seluruh dunia dimana dalam daerah tersebut segala aktivitas kehidupannya telah dikendalikan oleh sistem digital dimana robot dan manusia hidup berdampingan.

No comments:

Post a Comment