Tuesday, August 16, 2011

Imajinasi Tentang Teknologi Media Komunikasi di Masa Depan


Tugas Perkembangan Teknologi dan Komunikasi
Nama : Seiren Ikhtiara
NPM : D1E009117
Ilmu komunikasi

Kita sebagai generasi penerus bangsa, baik yang sedang berjalan maupun yang dipersiapkan  untuk masa yang akan datang,dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tidak bisa terhindar dari dampak perkembangan teknologi. kita sebagai penerus bangsa juga perlu mengetahui dan meningkatkan wawasan kita tentang perkembangan teknologi, paling tidak kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik. Selain itu, kita dapat menangkal dan menghindar dari dampak teknologi yang berdampak negatif sehingga terhindar dari perbuatan tercela.
Saat sekarang ini Semakin banyaknya teknologi yang berkembang ,Disini kita harus bisa lebih selektif dalam memilihnya agar tidak mendapat dampak negatif dari teknologi itu. Misalnya saja dalam teknologi senjata nuklir yang telah berkembang di dunia saat ini. Tenaga nuklir banyak sekali kegunaannya dapat membangkitkan listrik.Apabila tenaga nuklir itu digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan peperangan atau menghancurkan lawannya, maka dampak buruknya akan sangat besar. Akan banyak manusia yang kehilangan nyawanya akibat penggunaan nuklir tersebut. Dengan demikian akibatnya dapat memperburuk keadaan.
Selain dengan banyak munculnya teknologi sekarang dalam komunikasi pun juga ikut berkembang baru-baru ini teknologi 3G sangatlah ramai dibicarakan karena  dalam kita menghubungi seseorang kita bisa mengetahui orang tersebut sedang melakukan apa. Teknologi ini merupakan terobosan yang dilakukan para profesor yang sudah banyak memiliki pengetahuan. Mungkin dimasa depan mereka dapat meciptakan telepon genggam yang dapat menampilkan hologram orang tersebut. Itu sangatlah mungkin karena semua teknologi dapat diuji coba dan kemungkinan berhasil. Komunikasi multimedia juga sangatlah berpengaruh dalam semua bidang karena dengan mutimedia kita dapat mengetahui banyak hal. Perkembangan teknologi multimedia sangatlah pesat yang dinantikan para customer adalah penciptaan hologram. Semua itu sangat di harapkan untuk bisa terjadi agar kita dapat lebih mudah dalam bidang komunikasi dan dalam bekomunikasi dengan orang. Tidak bisa kita pungkiri teknologi multimedia saat ini sangatlah penting. Dengan ini kita dapat mengetahui letak seseorang dalam berkomunikasi, tempat orang tinggal, di wilayah mana daerah musuh (markas), dan masih banyak lagi kegunaannya di berbagai bidang yang ada.
Contoh lainnya sekarang kita dapat melakukan transaksi dimana saja dengan munculnya laptop dan handphone yang memiliki fasilitas intenet dapat memudahkan kita untuk bertransaksi.  Sebelum ada perkembangan teknologi yang maju kita melakukan transaksi dapat langsung pergi ke Bank, tapi sekarang  kita dengan mudah melakukan transaksi dimana saja kita mau.Dengan berkembangnya suatu teknologi tidak dimungkiri untuk dimasa yang akan datang kita dapat mengakses internet dijalan ataupun kita sedang melakukan apa karena didunia ini pun sudah banyak jaringan internet dimana-mana. Dan juga dimasa yang akan datang dengan berkembangnya teknolgi kita bisa mentransfer uang lewat laptop jadi kita tidak lagi bersusah payah mencari ATM.
Kemudian dari dulu kita sudah tahu bahwa Negara Jepang adalah negara yang memiliki perkembangan teknologi yang sangat maju, seperti dalam pembuatan robot pun sekarang tidak hanya sebagai mainan tetapi Jepang pun sudah menciptakan sebuah Robot yang dapat membuat minuman dan juga bisa meyetir mobil, dan bisa disuruh melakukan hal-hal yang penting.dan juga dengan kecanggihanya Robot dapat membantu pekerjaan manusia dengan mudah bisa melakukan pekerjaan ibu rumah tangga,bisa memperbaiki mesin-mesin yang rusak yang dapat meringankan pekerjaan tukang servis mobil,dan juga apabila kekurangan sumber daya manusia disini bisa dibantu dengan menggunakan Robot.apabila para petani bersusah payah membajak sawah dengan kerbau disini ada robot yang bisa menyelesaikan pekerjaan petani,jadi pekerjaan petani pun dapat dikerjakan oleh robot.Sebenarnya Robot disini digunakan hanya untuk melakukan hal-hal yang baik, dan dapat membantu diri sendiri dan orang lain.
Teknologi disini sangat la meringankan manusia untuk bekerja seperti hal nya, dulu dalam mengirimkan sesuatu kepada sanak saudara dengan menulis surat tapi untuk saat ini ada cara yang lebih praktis dengan kemunculan teknologi seperti handphone.Sekarang kita tidak lagi menggunakan surat tetapi lewat sms atau menelpon orang yang dituju.mungkin dimasa yang akan datang kita  dengan menekan nama yang ada dikontak kandphone bisa langsung bertemu dengan orang yang dituju. Banyak sekali imajinasi kita tentang teknologi dimasa yang akan datang seperti contoh radio yang selama ini kita hanya mendengarkan tetapi dengan perkembangan teknologi radio sekarang bisa dilihat oleh siapa saja.
Dari Masa ke masa kemajuan teknologi berkembang pesat, dulu kita menggunakan ”mesin tik” untuk mengetik tetapi lama-kelamaan dengan berkembangnya teknologi canggih maka munculah sebuah alat komputer yang memiliki prosesor, kemudian dengan perkembangan teknologi baru munculah laptop sebuah alat baru yang bisa dibawa kemana-mana dan dimasa yang akan datang dengan perkembangan teknologi yang sangat maju laptop ini bisa dilipat seperti koran .
Selain itu teknologi Mobil yang saat ini sudah banyak yang memilikinya karena keterbatasan jalan, maka dibuatlah mobil yang bisa terbang dengan menggunakan bahan gas. Yang kita tahu bahan bakar minyak saat sekarang ini susah didapat.kemudian terciptanya kacamata yang bisa melihat kemana saja seumpama ingin sekali melihat tempat-tempat yang belum dikunjungi dengan menggunakan kacamata kita bisa melihatnya dengan dekat tanpa harus pergi kesana.Teknologi didunia ini sangat lah banyak seperti halnya  sebuah pintu yang dapat pergi kemana saja yang kita mau. Yang kita tahu pintu tidak bisa kemana-mana. Dan juga sebuah remot kecil yang dapat melakukan apa saja dengan menekan kita tidak bersusah payah lagi menutup jendela,menutup pintu,menghidupkan televisi, membersihkan halaman rumah,dll.
Teknologi ini tidak lepas dari orang-orang yang memiliki kemampuan yang lebih, dengan adanya orang-orang hebat ini dapat meringankan beban kita. Hal yang lain yaitu sepeda yang memakai mesin, yang kita tahu kalo memakai sepeda sangat lambat tapi dengan munculnya sepeda yang memakai mesin sangat meringankan beban kita jadi kita tidak takut lagi untuk terlambat. Kemudian muncul lagi sebuah alat teknologi handphone yang tanpa sinyal, yang kita tahu masih banyak apabila kita kedaerah yang belum ada jaringan maka susah sekali untuk berkomunikasi, maka dari itulah dimasa yang akan datang diharapkan menciptakan sebuah teknologi handphone tanpa sinyal jadi kita bisa berkomunikasi dimana dan kapan saja yang kita mau.
Banyak generasi penerus bangsa ini memiliki kemampuan yang lebih apabila diasah terus maka pengetahuannya pun bertambah. Didunia ini sudah banyak sekali teknologi yang sangat canggih, seperti halnya handphone yang memiliki layar sentuh kita tidak lagi bersusah payah menekan nomor yang diinginkan cukup menyentuh nya saja kita dapat berkomunikasi dengan orang lain.  Dimasa yang akan datang teknologi ini lama-kelamaan akan semakin maju mungkin saja kita tidak lagi menekan atau menyentuh nomor yang dituju bisa saja kita hanya menyebutkan nama teman atau saudara, maka kita langsung dapat berkomunikasi dengan mereka.
Kemungkinan besar perkembangan teknologi dimasa yang akan datang muncul suatu teknologi baru yang akan berkembang seperti handphone tangan yang jenisnya menempel ditangan, ini sangat memudahkan kita untuk berkomunikasi . selain itu disertai juga fitur 3G semua jenis handphone tanpa menggunakan baterai sehingga kita dapat mengetahui keberadaan teman-teman,rekan kerja dan keluarga dengan mudah tanpa tidak memikirkan lagi bagaimana mengisi baterai menggunakan charger.
            Selain itu pada zaman yang akan datang juga terciptanya sebuah penemuan baru yaitu semua jenis atau barang peralatan rumah tangga seperti kompor,tidak lagi menggunakan bahan bakar ( minyak atau gas ) melainkan menggunakan listrik , sehingga memudahkan kita untuk bekerja dan tidak perlu bersusah payah mencari bahan bakar ( minyak atau gas ) serta dapat menghemat pengeluaran kita.
            Dan yang paling hebat nya lagi yaitu muncul nya penemuan teknologi yang baru dimasa yang akan datang semua kendaraan jenis apapun misalnya kereta api,mobil,motor,pesawat terbang,dan kapal laut tidak lagi menggunakan bahan bakar  melainkan menggunakan sinar ultra violet ( sinar matahari ) . dimana semua jenis kendaraan tersebut hanya mengandalkan sinar ultra violet ( sinar matahari ) serta para pengguna tidak perlu memikirkan lagi bagaimana cara mengisi bahan bakar semua jenis kendaraan tersebut.dan cara mengendarainya pun sangat mudah yaitu apabila matahari bersinar  terang maka kendaraan tersebut berjalan dengan cepat atau kencang dan sebaliknya jika matahari tidak bersinar terang maka kendaraan tersebut akan berjalan lambat atau pelan.
            Itulah sebagian contoh imajinasi saya dimana sebuah perkembangan teknologi dimasa sekarang dan di masa yang akan datang akan semakin berkembang dan para generasi bangsa yang memiliki pengetahuan lebih,keahlian, dan keterampilan diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan sebuah teknologi baru.hal ini dapat dijadikan tolak ukur kita agar dapat lebih maju seperti negara-negara yang lain yang sudah berkembang contohnya negara amerika, jepang, dll.
            Kemudian diharapkan juga kepada generasi bangsa agar tidak menggunakan teknologi dengan cara yang tidak baik dan tidak menghancurkan teknologi yang sudah ada, contoh nya yang kita sering lihat yaitu telephone umum, lampu jalan. yang di hancurkan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
            Teknologi berkembang dengan pesat. sesungguhnya bergantung pada manusia itu sendiri. Seandainya manusia enggan untuk mengembangkan teknologi, tak mungkin ada kemajuan teknologi. Dengan demikian, kesempatan untuk memperoleh kemudahan dan kesejahteraan yang dapat dicapai dengan bantuan teknologi, yang dimanfaatkan dengan cara yang benar.



No comments:

Post a Comment