Tuesday, August 16, 2011

“Kemajuan Teknologi di Masa Yang Akan Datang Yang Dibutuhkan Oleh Manusia”

Nama : Dwi Rahmi Purnamasari
NPM  : D1E009010

Perkembangan dunia teknologi khususnya komunikasi tentunya telah banyak membantu berjuta-juta penduduk dunia untuk saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Bahkan semakin lama, kita dapat berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun relasi bisnis kita dengan harga yang murah dan dengan kualitas yang cenderung meningkat karena adanya kemajuan teknologi. Seperti adanya telepon, handphone, komputer, laptop, internet, dan lain sebagainya.
Namun teknologi ini untuk sebagian orang justru memberikan dampak negatif terhadap kualitas dari hubungan yang mereka jalin. Bagaimana tidak, belakangan ini masyarakat lebih nyaman mengumpulkan teman-teman didunia maya dari pada aktif pada kegiatan-kegiatan organisasi riil yang dapat memberikan kualitas hubungan pertemanan yang lebih kongkrit dan intents. Contohnya saja pada saat sekarang ini masyarakat lebih suka chattingan melalui internet dan mengkonsumsi facebook, twitter, serta shop online lainnya.
Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok.
Sebagian dari kita beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru. Padahal, kalau kita membaca sejarah, teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer. Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri. Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.
Mobil Pesawat Terbang
Disini saya akan menceritakan ide yang ada didalam pikiran saya tentang kemajuan teknologi di masa yang akan datang. Melihat kondisi kota Jakarta yang sangat macet dan padat, terpikir ide oleh saya untuk membuat sebuah mobil pesawat terbang. Namun bahan bakar yang digunakan tidaklah mengandung polusi udara yang dapat menggangu orang dan lingkungan sekitar. Bentuknya pun tidak besar seperti bentuk pesawat terbang. Bentuknya seperti bentuk mobil biasa namun di samping mobil itu diberi sayap seperti pesawat tetapi bisa dilipat ketika kita hendak terbang. Sehingga kota Jakarta akan terhindar macet, tetap bersih dan nyaman. Pastinya dalam pembuatan mobil pesawat terbang ini menggunakan alat – alat yang canggih serta modern. Modal yang dikeluarkan tentu sangat besar. Itu karena mobil pesawat terbang ini dapat dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Setidaknya sudah bisa mengurangi kemacetan di Kota Jakarta. Walaupun kendaraan – kendaraan disana sudah ditertibkan, tetap saja kemacetan itu terus terjadi.

Alat Untuk Membantu Pekerjaan Rumah Tangga
Di dalam kehidupan sehari – hari kaum wanita selalu mengerjakan pekerjaan rumah. Dan itu sudah sebagai kodrat wanita sebagai calon ibu. Sudah hukum alam bahwa wanita memang ditakdirkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Seperti memasak, membereskan rumah, menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci pakaian, melipat pakaian, menggosok pakaian, dan lain sebagainya. Karena saya sebagai kaum wanita, tentu lebih muda pekerjaan ini apabila diciptakan teknologi mesin untuk melipat dan menggosok pakaian serta mesin untuk mencuci piring tanpa kita yang melakukan. Namun mesin yang bekerja. Contohnya saja pada saat sekarang ini sudah ada mesin cuci untuk lebih memudahkan kita dalam mencuci baju tanpa tenaga/energi  kita yang keluar. Karena dari tahun ketahun teknologi dituntut untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dan apabila mesin untuk melipat dan menggosok pakaian serta mesin untuk mencuci piring itu diciptakan, pastinya kaum wanita akan sangat tertarik untuk menggunakannya.
PHONELAP
Dulu diciptakan teknologi yang bernama computer yang menggunakan perangkat atau alat terpisah seperti CPU, Monitor, keyboard, dan mouse. Dengan berkembangnya zaman manusia kemudian menemukan adanya perkembangan dari computer yang disebut laptop serta notebook. Karena laptop dan notebook tidak perlu menggunakan monitor besar dan CPU. Tetapi laptop berbentuk seperti buku yang bisa dilipat karena monitor, CPU, serta alat lainnya menyatu dalam satu bentuk dan bisa dibawa kemana saja kegunaannya sama seperti computer dan terdapat CD ROOM. Sedangkan notebook bentuknya lebih kecil dari pada laptop karena tidak memiliki CD ROOM tetapi alat ini mempunyai kegunaan yang sama.
Sedangkan pada alat komunikasi, manusia pada zaman dahulu menciptakan alat komunikasi jarak jauh yang dinamakan telephone, dan di kembangkan lagi oleh manusia menjadi handphone yang bisa di bawa kemana saja. Berbagai macam perusahaan menciptakan handphone dengan berbagai macam merk dan tipe handphone yang berbeda serta bentuknya pun bervariasi sesuai dengan keinginan masyarakat pada saat sekarang ini.  
Dan Suatu perkembangan teknologi yang dibutuhkan oleh manusia untuk masa yang akan datang, yaitu berkembangnya laptop yang sekaligus digunakan sebagai alat komunikasi yang bernama “PHONELAP”. Disini digunakan agar manusia bisa menghemat barang bawaan. Dengan kata lain manusia yang menggunakan alat ini tidak perlu membawa laptop dan handphone kemana - mana. Cukup satu alat saja yang bernama “PHONELAP” kita sudah bisa menggunakan laptop sekaligus dengan telephone.
Sepeda Motor Berbahan Bakar Tenaga Matahari
Pada zaman sekarang kendaraan sangat penting sebagai alat transportasi manusia karena manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya apabila tidak memiliki alat transportasi, karena transportasi pada zaman sekarang telah menjadi kebutuhan pokok manusia. Seperti kendaraan roda 2 atau sering di sebut sepeda motor sangat membantu manusia untuk melakukan aktivitasnya, tetapi pada saat sekarang ini kendaraan roda 2 atau sepeda motor memiliki bahan bakar yang dapat membuat terjadinya pencemaran udara yang mengganggu kehidupan manusia.
Maka dari itu manusia pada zaman yang akan datang mengembangkan alat transportasi yang telah menjadi kebutuhan pokok untuk manusia, seperti mengembangkan bahan bakar yang menjadi alat untuk menjalankan kendaraan roda 2 atau sepeda motor, agar tidak terjadinya pencemaran udara yang telah terjadi seperti pada saat sekarang ini yaitu mereka mengganti dengan menggunakan bahan bakar lain seperti bahan bakar yang terbuat dari tenaga matahari yang tidak mengganggu kehidupan manusia. Kendaraan roda 2 atau sepeda motor ini menggunakan tenaga matahari sebagai bahan bakar dengan cara menjemur kendaraan roda 2 atau sepeda motor yang telah dilengkapi oleh alat yang dapat menampung cahaya matahari yang langsung masuk ke tempat pengisian bahan bakar. Dengan cara perkembangan ini lah manusia dapat melakukan aktivitasnya tanpa tidak melakukan pencemaran udara. Sehingga manusia dapat menghirup udara dengan segar dan dapat beraktivitas tanpa adanya polusi udara.

No comments:

Post a Comment