Tuesday, August 16, 2011

“KONSEKUENSI SOSIAL DAN KULTURAL DARI PERKEMBANGAN MEDIA BARU“


TUGAS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Nama: Virginita Daulay
NPM: D1E009123
Jurusan: Ilmu Komunikas

TUGAS:: Renungkanlah apakah konsekuensi social dan cultural dari media baru menguntungkan/merugikan anda, jelaskan dan analisis!!!!
New media atau media baru adalah sesuatu fenomena yang berkembang pada masyarakat dewasa ini. Dimana new media memiliki beberapa keuntungan yang diaangap menyenangkan oleh orang banyak.  Sesuai dengan perkembangannya new media sekarang telah mencapai perkembangan yang drastic. Perkembangan new media ini bias dilihat pada zaman ini yaitu berkembangnya situs-situs jejaring social seperti facebook, twitter, berbagai geme online dan situs dunia maya lainnya. New media berkembang pesat dikarenakan dianggap sebagai suatu bentuk puncak dari perkembangan teknologi saat ini. New media ini merujuk pada suatu pandangan tentang kemajuan teknologi yang dikembangkan oleh masyarakat.
Sebenarnya terdapat berbagai konsekuensi yang dapat diterima di new media ini, karena sebenarnya new media ini merupakan hal yang baru dan terkesan sangat harus di gunakan oleh orang banyak.
Jelas sekali terdapat berbagai konsekuensi dari perkembangan new media ini yang dirasa dampaknya saat ini sangat besar, baik itu dampak negative atau positif, kita ambil contoh saja dari dampak yang sekarang dirasa oleh para pengguna situs jejaring social. Mungkin dampak positifnya yaitu kita dapat lebih mengenal dunia maya dan luar,tapi bagai dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan juga terdapat pula dampak negative yaitu penggunaan situs jejaring social yang berlebihan dapat mengakibatkan ketagihan dan bahkan merusak moral kita.
Di tulisan ini, ada beberapa contoh dampak social dan cultural yang dapat di analisis akibat dari perkembangan new media ini.
1.     Menghabiskan waktu
Ini jelas merupakan dampak negative yang merugikan, dikarenakan dengan selalu berada di warnet atau selalu berhadapan dengan laptop maka waktu akan terbuang sia-sia tanpa memperdulikan apapun disekitarnya, karena cenderung apabila kita sudah berada di alam maya maka kita akan lupa waktu. Dampak social yang diterima yaitu kita akan sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan cenderung pasif bahkan tidak peduli. Kita akan cenderung lupa waktu dan mengabaikan apapun yang ada di sekitar kita. Ini merupakan moral yang sangat tidak baik dan sangat tidak beretika.
2.     Pemborosan
Pemborosan disini maksudnya yaitu menghamburkan uang dengan sesuatu yang kesannya kurang begitu penting, tidak jarang kita rela tidak jajan hanya untuk seharian nongkrong di warnet untuk bermain game online. Maka dampak social yang dapat diterima yaitu kita terkesan boros dan tidak memikirkan lagi sebaiknya uang yang di dapat itu hendaknya dilakukan untuk hal yang penting lainnya. Pemborosan uang ini merupakan hal yang sangat merugikan kita para pengguna jejaring social.
3.     Sering terpengaruh oleh hal-hal yang tidak nyata.
Kita apabila telah masuk ke dalam dunia maya akan selalu terpengaruh dengan apa yang disajikan oleh dunia maya tersebut, apakah sebuah situs yang menggiurkan atau l hal lain yang ditawarkan. Tidak jarang pula kita percaya dan mengikutinya. Itu sudah termasuk dampak yang merugikan dan konsekuensi negative dari new media. Ketertarikan akan sebuah hal yang tak nyata ini menyebabkan perubahan sikap dan tingkah laku kita. Moral kita seolah-olah dapat didikte oleh media online tersebut, ini sangatlah merugikan kita sebagai pengguna, bias saja yang ada di dalam itu hanya terkesan penipuan dan mempermainkan kita saja. Ada juga berbagai situs online, dan berkenalan dengan orang yang tidak nyata dan tidak jelas asal usulnya. Itu merupakan dampak buruk yang terjadi akibat dunia maya.
Itu hanyalah sebagian contoh dari konsekuensi negative yang diterima dalam perkembangan new media. Contoh-contoh  negative tersebut pastilah dapat dirasakan oleh para pengguna jejaring social. Itu sudah merupakan konsekuensi social dan cultural yang dapat diterima. Jelas sekali dampak dampak tersebut dapat mempengaruhi nilai moral dan bentuk sikap para penggunanya. Konsekuensi negative itu hendaknya di terima dengan bijaksana dan adil. Memang penggunaan media baru dan perkembangannya sangatlah banyak tapi hendaknya perlu juga disadari bahwa itu semua juga berdampak negative.
Di tulisan ini ada pula dampak/konsekuensi yang diterima. Ibarat dua sisi mata uang media baru juga berdampak baik. Dala hal ini kita ambil contoh penggunaan jejaring social fb,twitter dan media online lainnya. Maka akan di berikan beberapa contoh dan akan coba di analisis.
1.     Pergaulan akan semakin luas dan global
Sudah lumrah dan sering sekali perkembangan dunia maya dijadikan oleh masyarakat ajang untuk memperkuar relasi dan mencari teman sebanyak-banyaknya. Misalkan saja penggunaan fb itu sendiri sebetulnya dijadikan ajang untuk mencari teman dan meberi jaringan seluasnya tentang diri kita, walaupun ada juga dari teman lama yang dapat berinteraksi dengan kita. Ini merupakan contoh konsekuensi yang baik akam perkembangan new media. Secara social kita akan merasa mempunyai kesempatan untuk berteman dan menjalin kekarabatan dengan orang banyak. Bahkan teman dari luar negeri pun akan ada, dan pandangan kita akan dunia pun akan semakin luas.
2.     Akan selalu memperbaharui wacana kita tentang dunia
Tidak jarang kita akan selalu merasa tergantung dengan adanya dunia maya, karena disanalah kita akan cepat update dab tau tentang apa yang sedabg terjadi sekarang di berbagai belahan dunia, maka itu merupakan satu nilai plus dari perkembangan new media ini. Keingintauan kita ini mengakibatkan kita akan selalu dan selalu ingin tau, dan itu menurut saya sangat bagus sekali. Tidak salah kita menghabiskan waktu berjam-jam tapi konsekuensinya kita mendapat pengetahuan yang banyak dan luas. Kita pastilah selau mengecek akun kita apabila ingin mengetahui apa yang sedang in sekarang, membuka internet karena hal itu sangat instan dan mempunyai proses yang cepat. Dampak social yang dapat diterima sangatlah positif, wawasan kita akan selalu diperbaharui dan ditunjang oleh perkembangan new media itu.
3.     Kita akan lebih mengenal dunia teknologi
Tidak bisa dijauhkan, apabila perkembangan new media akan selalu berhubungan dengan teknologi. Karena new media itu sangat berhubungan dengan teknologi, yaitu teknologi computer, dll. Kita apabila ingin ada di dunia maya maka secara tidak langsung akan berkenalan dengan dunia tekmologi, karena sebenarnya itu ibarat dua sisi mata uang. Dunia teknologi ini jelas membawa dampak social yang sangat positif, setidaknya kita bias tau dan tidak gaptek lagi dengan hal-hal yang berbau teknologi.   
          Itulah sebagian dari beberapa konsekuensi dari perkembangan new media atau media baru. Hal itu sangatlah berdampak besar bagi moral dan nilai social darimasyarakat dan para penggunanya. Sebenarnya konsekuensi itu ada dan pasti akan selalu ada dalam hal apapun.
          Kita sebagai pengguna jejaring sosal hendaknya dapat bersikap sewajarnya dalam menanggapi perkembangan new media ini. Dampak yang baik hendaknya dapat dilaksanakan dengan sebaiknya tanpa ada hal lain yang dipikirkan. Jadi intinya kita harus selektif dalam penggunaan new media, jangan mudah terpengaruh dan selalu bersikap sewajarnya.

No comments:

Post a Comment