Tuesday, August 16, 2011

“KONSEKUENSI SOSIAL DAN KULTURAL DARI PERKEMBANGAN MEDIA BARU“


Nama          : Herni Agustini
Npm            : D1E009015
Tugas                    : Konsekuensi  Sosial dan Kultural Dari Media


Konsekuensi adalah akibat akhir dari sebuah pengambilan keputusan, dengan beberapa ketentuan tertentu, seperti akibat buruk/ baik berdampak pada apa, siapa, kelanjutannya bagaimana yang bersifat kompleks (menyeluruh).Dan sosial adalah keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain.Kehadiran itu bisa nyata anda lihat dan anda rasakan, namun juga bisa hanya dalam bentuk imajinasi ato dapat juga berarti kemasyarakatan.Sedangkan kultural disebut juga kebudayaan.
Media adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis.Menurut saya didalam konsekuensi sosial dan cultural dari media terdapat keuntungan dan kerugian tersendiri.Sebab,didalam setiap media mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Seperti kita ketahui, media adalah suatu ‘alat’ yang menghubungkan kita dengan dunia luar. Tanpa media, kita akan sulit mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia.Media dapat digolongkan menjadi tiga menurut jenisnya, yaitu media cetak yang terdiri dari koran, majalah, dll, media elektronik terdiri dari televisi dan radio, dan yang masih tidak jelas statusnya yaitu media online dengan perangkat internet.
Ketiga media tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing,yaitu:
Media Cetak
Kelebihan :
  • Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau menglipingnya.
  • Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan :
  • Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
  • Tidak adanya audio, media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
  • Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
  • Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.

Media Elektronik
Kelebihan :
  • Cepat, dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas.
  • Ada audio visual, media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita.(khusus televisi)
  • Terjangkau luas, media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.

Kekurangan :
  • Tidak ada pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan.

Media Online
Kelebihan :
  • Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
  • Audio Visual, media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
  • Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
Kekurangan :
·         Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya.
Melihat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki ketiga media di atas, media online mempunyai keunggulan dalam segi kecepatan. Kecepatan tersebut dapat mengalahkan kedua media lainnya karena audiens sekarang lebih mengutamakan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi, dan hal itu dimiliki oleh media online.Melihat hal ini, prospek media online akan sangat unggul dan dapat mengalahkan kedua jenis media lainnya. Apalagi jika seluruh dunia dapat mengakses internet dengan mudah, otomatis media online akan lebih sering digunakan audiens dibanding kedua jenis media lainnya.
Didalam media online ini,dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan yang namanya facebook,twitter,dll.Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat saya ambil dari pengalaman sehari-hari yaitu:
Kelebihannya : kita bisa punya banyak temen, ketemu temen lama yang sudah lama tidak contact,mempererat hubungan pertemanan, Bisa tau banyak informasi terupdate tentang teman-teman dan lebih mudah berkomunikasi,dan dapat digunakan untuk tempat bisnis.
Kekurangannya : banyak orang-orang yang tergila gila oleh Facebook sehingga membuat diri mereka rugi sendiri,bikin semangat belajar kurang,konsentrasi ,banyak menghabiskan waktu dan uang,bisa kecanduan dan mengganggu kuliah, kadang ada penipu dipakai untuk berbuat hal yang tidak baik(selingkuh,penipuan jualan online,dll).
          Yang jelas tergantung pada individu masing-masing,bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkannya.








No comments:

Post a Comment