Tuesday, August 16, 2011

Pengalaman Menarik Selama Tergabung di Jejaring Sosial Facebook


Nama : Melly Eka Karina
NPM : D1E009091
Tugas Perkembangan Teknologi dan komunikasi

Jejaring social memang sudah menjadi trending topic yang umum disemua kalangan, dari anak – anak,remaja hingga orang dewasa. Masing – masing dari mereka sudah mengenal macam- macam dari jejaring social seperti  yang namanya “ Facebook, Twitter, blog, yahoo messangger, plurk, dan lain lain. Dalam membuat akun – akun jejaring tersebut juga terbilang sangat mudah dan gampang . Hanya butuh mendaftar melalui situs online dalam beberapa menit saja, akun jejaring social sudah bisa digunakan  siapa saja. Banyak alasan orang – orang dalam menggunakan jejaring social salah satunya adalah ” iseng “, biasanya dalam mengisi waktu luang, orang- orang menghabiskan waktu mereka untuk sekedar mengupdate status facebook atau mengkomentari  status orang lain . Ada kepuasan sendiri bagi pengguna jejaring social jika mereka dapat mengeluarkan segala unek unek yang mereka rasakan dan menjadikannya sebagai  status di facebook atau twitter. Tujuan utama suatu jejaring social sebenarnya adalah untuk mempertemukan teman lama, baru, atau sebagai ajang silahturahmi dari beberapa kelompok. Namun dengan semakin berkembangnya pemikiran seseorang, facebook digunakan sebagai ajang curhat mencurhat, atau saling ejek mengejek bahkan tidak jarang yang menggunakannya dengan sikap dan kata – kata yang Frontal.
Jejaring social itu sendiri merupakan suatu cakupan dari system software yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna lain dalam skala besar. Karakteristik dari sebuah social software adalah yang  memiliki open  desain arsitektur arsitektur yang  berbasiskan  service oriented dan kemampuan untuk upload data maupun media .Dan karakteristik yang telah disebutkan ,Berdasarkan penjelasan diatas kiya bias mengetahui bahwa situs jejaring social lebih mengutamakan penggunanya.
Adapun manfaat dari situs jejaring social adalah sebagai media penghubung dengan seseorang yang berjauhan temnpat tinggal nyta, sebagai media mendapatkan teman baru , sebagai media memperat kekeluargaan, namun jejaring social juga memiliki dampak negative yaitu dapat membuat seseorang kecanduan sehingga dia tidak maun lkepas dari depan computer cdan kerjaannya pun hanya bewrdiam diri diokamar misalnya, Dapat terjadinya penculikan seperti yang ada diberita berita remaja perempuan dicuylik dengan cara berpura pura bertemu disuatu tempat dengan teman jejaringsosial yang baru dikenal, dapat terjadinya penipuan dengan modus menjual barang kepada seseorang.
Dari segala kejadian yang terjadi pada jejaring social, saya akan bercerita tentang pengalaman saya dalam menggunakan jejaring social  seperti facebook  dan twitter. Saya mulai berminat dalam menggunakan jejaring social pada saat saya masih dijenjang SMP, saat itu yang lagio trend adalah friendstrer. Beberapa kali saya menggunakannya saya semakin tertarik bahkan menjadi seperti pecandu menggunakan friendster. Saya akui ada kepuasan tersendiri saat saya mengedit profile saya dengan graffiti graffiti atau background  yang unik dan lucu – lucu. Kemudian saya memulai dengan meminta dan menerima permintaan pertemanan dari beberapa orang baik teman baru ataupun lama. Ada manfaat yang saya dapatkan seperti saya bias bertemu dengan teman lama yang sudah tidak bertemu beberapa saat ataupun memiliki teman baru lagi, Seperti ABG yang lainnya pada jaman itu jejaring social bagi saya adalah hal yang wajib untuk digunakan melihat dengan banyaknya trend trend atau informasi yang bs saya dapatkan dari media tersebut.



            Namun beberapa waktu kemudian , Friendster mulai tersamarkan ketika akun jejaring social yang baru mulai muncul seperti facebook (FB). Facebook memang notabane nya lebih memiliki kesempurnaan dari friendster . seperti tampilan yang lebih trendy , dan lebih memiliki kecanggihan seperti berbagi dalam video, foto,tautan,ataupun catatan .Namun disini lah kesalahan yang saya dapati, saya semakin candu akan dunia maya , dalam 1 hari saya bisa beberapa kali browsing  Facebook, hanya sekedar dalam mengganti status , saling mengomentari tautan dan lain lain.
            Hingga jumlah pertemanan saya sudah memiliki limit atau sudah full 5000 akun. Namun saya sadar ternyata Facebook tak sepenuhnya  memberikan jaminan keamanan  bagi akun saya. Akun Facebook saya berhasil diretas oleh sekelompok hacker.Memang Hal ini tentunya bisa menimpa siapa saja, termasuk kita yang berada di Indonesia. Sebagai negara yang berkembang, Indonesia tercatat sebagai pengguna Facebook terbesar se-Asia. Dari catatan survei yang dilakukan Global Monitor menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Facebook terbanyak di kawasan Asia. Dalam laporan tersebut menyebutkan, Facebookers di Tanah Air mencapai angka 12,2 juta akun, sebelumnya Indonesia sudah mengumpulkan pengguna Facebook sebanyak 9 juta lebih, yang ini artinya dalam sebulan ada lebih 2 juta pengguna baru. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai pengguna terbesar di benua Asia dan Australia.Disini saya mulai sadar saya sudah terlalu candu sehingga tidal lagi memikirkan hal hal negative yang bias saja menimpa akun saya. Akun FB saya dihack oleh orang yang saya ketahui siapa dari bantuan seorang teman yang memang ahli dalam bidang hal ini. Parahnya adalah dia mulai mengganggu dan mengacak – acak profil fb saya sehingga privasi saya terlihat sangat buruk didepan pengguna akun FB yang lainnya. Profil saya dibuat  sePorno (maaf) mungkin sehingga membuat saya sangat terganggu akan hal ini. Namun ketika saya tau siapa yang melakukannya saya tidak bisa untuk meminta penjelasan karena mereka adalah teman saya sendiri, saya tidak tau apa motif nya yang pasti saya hanya berharap suatu saat nanti mereka sadar dan bisa meminta maaf kepada saya.

Dari situ saya menutup akun FB saya dan membuat akun baru , dari pelajaran sebelumnya, saya lebih menjadi berhati-hati dalam menggunakan akun facebook saya, saya hanya menerima permintaan pertemanan dari orang – orang yang saya kenal saja, sehingga semuanya menjadi terarah san singkron dengan tujuan sebelumnya dalam menjalan takli silahturahmi, Frekuensi saya dalam menggunakan akun FB saya juga berkurang bahkan sering terlupakan, mungkin sedang berada dititik jenuh . Namun saya lebih aktif dengan menggunakan akun FB dalam mencari materi,ya.. saya memiliki akun FB “OnLine Shop”, yang menjual berbagai accesoris wanita, tas,pakaian bahkan produk-produk kecantikan. Dan hasilnya cukup lumayan ,saya memiliki banyak pelanggan yang membeli stuff dari OnlineShop saya. Disini saya sungguh memproposikan penggunaan FB kearah yang positif dan menguntungkan . Ternyata jauh lebih bermanfaat jika bisa menggunakan FB sebagai media yang memberikan kemudahan dan manfaat kepada orang lain.
            Namun saat ini ada media baru lagi yang bernama “twitter”. Twitter, seperti kita maklumi merupakan microbloging alias kita bisa mengupdate status kita atau sharing tentang apa yang terjadi, yang kita alami dalam pesan singkat hanya dalam 160 karakter. Karena keterbatasan inilah, menjadikan Twitter unik. Karena kita bisa berbagi informasi dengan cepat namun dalam untaian kalimat yang singkat sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk kita bisa memahami isi pesan tersebut. Kelemahan Twitter adalah kurangnya dukungan untuk hal-hal selain berbagi pesan tersebut. Jadi di Twitter kita hanya bisa berbagi informasi/sharing info, meskipun tak menutup kemungkinan dengan software tambahan kita bisa memanfaatkan twitter untuk hal-hal yang lebih fun dan berguna.
Adapun di Facebook, kegiatan update status merupakan salah satu bagian dari Facebook (kalau di Twitter, update status merupakan bagian utama dan yang terpenting), selain mengupdate status di Facebook kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan lain mulai dari Chatting, sampai kepada main game. Dan perlu disadari, bahwa kini para Facebooker banyak yang memanfaatkan Facebook untuk menghabiskan waktunya dengan bermain game seperti Texas Holdem, Ninja Saga, sampai Mafia Wars dan FarmVille dan itu semua sangat sulit untuk kita dapatkan di Twitter. Jadi dengan kata lain twitter lebih memiliki privasi dibandingkan FB , oleh karena itu saya lebih memilih twitter dibandingkan FB untuk saat ini. Twitter lebih nyaman digunakan sehingga saya tidak takut akan akun saya lagi.  
Pada dasarnya penggunaan Jejaring sosial bagi masyarakat urban dapat menimbulkan dampak psikologis secara negatif maupun positif bagi penggunanya. Hal tersebut bergantung dari motivasi yang dimiliki oleh masing-masing pengguna. Apakah anda menggunakan jejaring sosial facebook untuk tujuan negatif atau positif? Dalam menggunakan jejaring sosial facebook diharapkan para penggunanya dapat menggunakan fasilitas ini dengan bijaksana sehingga tidak menimbulkan ketergantungan bagi penggunanya dan menggunakan fasilitas ini dengan benar sehingga dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya.

No comments:

Post a Comment