Tuesday, August 16, 2011

Pengalaman Menarik Selama Tergabung di Jejaring Sosial Facebook


Nama: Virginita.D
Npm: D1E009123
Jurusan: ilmu komunikasi
Tugas PT.KOM

Tugas :: “Menuliskan pengalaman yang terjadi dalam jejaring social,serta bagaimana dampak terhadap nilai dan moral”
            Cerita ini barawal dari mulai maraknya situs FB yang mulai digemari oleh sejumlah orang. Di pengalaman saya saat ini saya akan menceritakan berbagai kejadian yang terjadi dalam penggunaan jejaring social.
  Dalam tulisan ini tidak hanya satu pengalaman yang akan diceritakan tapi beberapa dikarenakan banyak sekali hal lucu, menyebalkan dll yang terjadi. Pertama-tama saya membuat akun FB itu pada saat masuk ke Universitas setelah tamat SMA, dikarenakan dituntut untuk memiliki email oleh UNIB. Tentu saya ditawarkan untuk membuat akun ini,dan yang membuatnya pun bukan saya tapi teman saya yang mengerti karena saya sejujurnya tidak mengerti tentang itu dan terkesan ogah-ogahan.
Hal ini berdampak membuat saya melu dan terkesan kurang gaul karena baru memiliki akun email pada saat masuk kuliah, sedangkan teman-teman saya sudah duluan memiliki akun friendster dan sekarang lebih meningkat ke facebook. Pada saat itu sangatlah tidak gaul apabila kita tidak mempunyai alamat email dan sejenisnya.dan saya juga berpikir, di dalam fb juga kita dapat menjadi ajang untuk bersikap narsis dengan selalu menguplod foto yang akhirnya tau oleh banyak orang. Tentulah tidak mungkin sebagai remaja saya harus menggunakan fb pula.
            Ternyata saya sadar bahwa saya dulu sangat gaptek dan tidak perduli. Maka secara moral saya sangat malu pada teman-teman. Hal itu membuat saya menjadi sadar bahwa pengetahuan akan teknologi itu penting. Akhirnya saya mulai belajar menggunakan Fb dan teman-teman pun semakin meningkat dan banyak. Mulai dari teman sekelas, teman lama dan teman baru semua saya add, saya pun langsung menanyakan kabar mereka dan saling berinteraksi tentang apapun, Melalui fb ini saya dapat kembali menjalin silahturahmi kepada teman-teman lama,keluarga jauh dan sanak family. Memang banyak hal yang dapat diterima apabila kita menjadi salah satu pengguna jejaring social. Kita akan lebih leluasa mengetahui informasi dari berbagai belahan dunia.
Tak terasa sudah lebih dari 1 tahun saya menggunakan fb,dan semakin lama saya semakin tertarik akan fb. Saya pun menjadi kecanduan dan mulai asyik karena menurut saya itu semua menyenangkan, saya bias berinteraksi dengan semua orang melalui chatting, saling berkomentar dll. Di fb juga saya sering mendapat kenalan baru dan tidak sedikit menjadi teman dekat. Singkat cerita saya menemukan dunia lain melalui fb, sehingga waktu saya sempat tersisa untuk sesekali ke warnet untuk mengecek keadaan FB saya ini.
            Ada satu kejadian lucu yaitu saya berkenalan dengan seseorang dan di foto terlihat baik, tapi setelah saya bertemu ternyata sangat bertolak belakang dengan yang saya harapkan,sehingga saya memutuskan untuk menghapus dia dari pertemanan. Di fb memang sudah menjadi hal yang biasa dalam menghapus seseorang dari pertemanan. Tak jarang pula banyak orang yang salah sambung dan sok kenal di f b, mungkin dikarenakan aksesnya yang murah dan cepat.
            Apabila sudah memasuki dunia jejaring social, memang akan ada satu ketertarikan tersendiri. Di fb kita dapat saling berkomentar dan bahkan sering sharing pada berbagai kalangan. Di jejaring social pula lah khususnya fb kita dapat secara langsung memilih apa minat dan kesukaan kita, maka dari itulah orang dapat beranggapan kita itu dari kalangan yang bagaimana. Hobbi dan minat pun juga dapat disertakan di info kita. Hal itu sangat membantu kita dalam menjalin komunikasi dengan orang lain. Kutipan-kutipan penting juga dapat kita sertakan di dalam data jejaring social.
            Mungkin lebih dari satu pengalaman yang akan diceritakan di tulisan ini, pernah suatu saat saya bertengkar dengan teman saya melalui fb, sehingga orang-orang yang sebetulnya tidak perlu tau menjadi tau masalah itu. Akhirnya hanya malu yang saya dapatkan, itu sebetulnya membuat fb menjadi bahan dalam mencari suatu masalah dan.  Di situs jejaring social pula banyak sekali kita temukan orang yang berkata seenaknya dan tanpa aturan. Sehingga menyebabkan kesalahpahaman dan sakit hati. Sebenarnya di FB juga haruslah ada aturan yang diterapkan, karena sesungguhnya FB itu merupakan tempat kita berkomunikasi bukan tempat kita saling mencaci maki dan mencari masalah dengan orang lain. Hal ini beranggapan bahwa di fb orang akan cenderung berani dalam berkata-kata karena di fb kita sama sekali tidak tau dengan siapa sebenarnya kita berkomunikasi hanya ada foto dan gambar orang yang kita hubungi. Kita sama sekali tidak tau tentang dia, sifat dan pribadinya yang hanya kita tau adalah foto dan info sekilas tentang mereka. Sehingga dapat disebut ini cara berkomunikasi dalam dunis maya. Dan kadang orang tidak bertindak seperti apa adanya.
Pengalaman lain yang dapat saya ceritakan yaitu ketika fb saya di hack oleh hacker. Kondisi pada saat itu yaitu jumlah pertemanan saya sudah mencapai 2000 orang,dan sudah banyak orang yang menjadi trman saya. Setelah saya buka berulang-ulang tapi kenapa password dan email nya tidak pernah valid. Saya pun langsung berusaha mencari solusi atas ini, banyak teman-teman yang menyarankan agar mereka membetulkan kembali fb saya itu dengan cara mengganti nama email lain. Tapi cara itu tidak pernah berhasil, saya pun penasaran siapakah orang yang telah merusak fb saya ini. Dan ternyata orang itu sama sekali tidak saya kenal dan sangat asing bagi saya. Dan yang herannya fb saya itu sampai sekarang masih aktif dan dimainkan oleh orang lain.
Singkat cerita akhirnya saya memutuskan untuk tidak pernah lagi memainkan fb saya yang itu. Dan saya sangat marah pada orang yang telah tega merusak fb saya. Pengalama ini mungkin juga pernah terjadi dengan teman-teman yang lain,karena persoalan hacker ini sudah sangat sering terjadi dikarenakan para hacker sudah banyak dan berjamuran. Bahkan kemampuan merusak situs fb ini sudah bias dipelajari. Hal yang bisa saya ambil dari hal ini yaitu kemampuan teknologi orang yang berlabihan dapat membuat orang dengan sengaja merusak sesuatu. Mungkin mereka hanya usil dan ingin menjadi terkenal di fb. Tapi setidaknya hal ini sangat merugikan kita yang mempunyai akun ini. Para hacker fb ini sekarang malah sudah sengaja menamai mereka dengan hacker dan seolah-olah bangga akan hal ini. Mereka menganggap kemampuan merusak situs jejaring social orang merupakan suatu prestasi, tapi menurut saya itu sama sekali perbuatan yang memalukan. Dan bisa dikategorikan sebagai cybercrime karena telah merusak privasi orang. Sebagai pengguna akun pastilah kita akan dirugikan karena banyak teman kita yang telah mengetahui ini alamat email kita. Hal yang dapat saya terima dari hal ini adalah, bahwa para hacker itu sudah selayaknya di musnahkan dan bila perlu ditindak hukum.
Akhirnya saya memutuskan untuk membuat email dan FB baru, saya langsung melakukan hal-hal yang telah pernah saya lakukan dulu dengan berhubungan lagi dengan teman-teman lama. Itu pun berlangsung lama dan bahkan saya merasa tidak perlu lagi membuat yang baru tapi karena pengaruh akhirnya saya membuat akun baru lagi dan sampai sekarang masih saya gunakan.
Perkembangan teknologi di jaman sekarang mengharuskan saya menggunakan jejaring social karena sebenarnya itu sangat penting agar kita tidak di anggap terbelakang dan gaptek. Melalaui fb juga kita dapat tau apa saja yang sedang berkembang saat ini dan apa saja yang sedang berkembang dan lagi marak terjadi.

Sebenarnya pengalaman diatas hanyalah sebagian kecil yang terjadi dari pemanfaatan jejaring social. Sebenarnya jejaring social juga berdampak baik juga, karena tak munafik kita seolah-olah terhipnotis akan facebook serya fb juga dapat membuat kita mempunyai relasi yang besar ke orang banyak.
Tapi juga sebenarnya banyak dampak yang buruk pula, melalui pengalaman itu saya sebdiri merasakan bahwa jejaring social membuat saya lupa waktu. Tidak perduli dengan orang sekitar lagi, dengan seringnya kewarnet sering menghabiskan uang jajan, dan bahkan sering terjadi penipuan dan pencemaran privasi.
Pengalaman saya di atas setidaknya dapat mencerminkan ada berbagai hal yang perlu digarisbawahi dalam penggunaan fb khususnya. Kita boleh suka dan tertarik akan hal ini tapi jangan pula di gunakan untuk hal yang tidak baik. Jadi intinya jita harus selektif dan tau batasan apa saja yang jarus dilakukan dalam penggunaan situs jejaring social.

  

No comments:

Post a Comment