Tuesday, August 16, 2011

Pengalaman Menarik Selama Tergabung di Jejaring Sosial Facebook


Tugas Perkembangan teknologi dan komunikasi
Nama : Seiren Ikhtiara
NPM : D1E009117
Ilmu Komunikasi


Disini banyak pengguna situs jejaring social terutama facebook.situs jaringan ini sangat popular dan mendapat perhatian semua orang, selain mudah diakses dengan tampilan nya sederhana sangat memudahkan para pengguna untuk melakukannya.Situs jejaring social saat ini sangat digemari oleh masyarakat didunia.Dari pengalaman pribadi,saya termasuk orang yang menggunakan aplikasi social terutama facebook.Manfaat dari pengguna facebook ialah hal yang paling penting dalam pemanfaat kan teknologi internet sebagai sarana informasi yang berkualitas.
Situs jejaring social facebook ini memiliki pro dan kontra dari masyarakat mengenai keberadaan facebook.situs jejaring social ini banyak sekali diciptakan tujuan-tujan yang baik seperti halnya,kita dapat memperbanyak teman,banyak mendapatkan informasi,juga memberikan informasi iklan tentang pengalaman kerja,dan saling mempererat hubungan silaturahmi yang baik antara teman,sahabat,rekan kerja,serta keluarga yang jaraknya jauh dengan kita, Meningkatkan kreatifitas dalam teknologi informasi, dan  Sebagai sarana pergaulan yang lebih epektif dan terarah.

Dari pengalaman saya mengenal facebook, banyak orang menyalahgunakan tujuan baik dari situs jejaring social ini. Dimana penyalah gunaan yang terjadi menimbulkan nilai negative bagi situs jejaring social ini, seperti halnya dapat merusak hubungan ( selingkuh ) , yang paling tepatnya apabila kita menggunakan facebook sering mengurangi waktu efektif ( dapat bemain berjam-jam ), menghabiskan uang, ajang penghinaan apabila ada salah seorang teman yang tidak suka dengan kita,menimbulkan pertengkaran keluarga, tugas-tugas terbengkalai, Individualistik (bagaimanapun silaturahmi tatap muka lebih kena di hati), dan juga penyebaran pornografi.
Dan juga dalam penggunaan facebook ada nilai positif, sepereti halnya : Menjalin silaturahmi, Tempat belajar , Refreshing, Bisnis,dan Tempat curhat.Dan juga para pengguna bebas berekspresi. Selain itu para pengguna jejaring social ini bisa menggunakannya dengan melakukan kegiatan amal , seperti contoh kasus Prita dan Bilqis para masyarakat menyuarakan pendapat mereka.
Manfaat lainnya menurut saya, bisa bertemu teman baru dan teman lama, tetapi harus selalu hati-hati dan waspada jika ingin bertemu langsung dengan orang yang baru kita kenal melalui situs jejaring social ini.Selain manfaat positif tidak lepas juga dari sisi negative, sering ditemui orang-orang iseng yang mintanya aneh-aneh dibatas kewajaran, tetapi selama tidak terpancing masih bisa ditolerir, apabila dilayani maka dapat merugikan diri kita sendiri.



Dengan situs jejaring social ini saya juga mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan seperti adanya kasus penculikan anak , dimana anak-anak dibawah umur yang sudah mengenal facebook menjadi korban penculikan, kemudian kasus penipuan dengan tujuan untuk memperoleh uang dengan cepat. Dari masalah yang terdapat difacebook ini lah saya dapat mengetahui informasi yang terjadi saat sekarang ini.
Cukup banyak , kalau kita salah dalam menggunakan facebook ,salah satu nya adalah privasi ( data diri ) kita yang digunakan untuk melakukan perbuatan negative oleh orang lain. Memang dalam Nampak negative tergantung pada pribadi masing-masing , namun terjadinya dampak negative karena ada sarana yang mudah untuk melakukan hal yang negative. Sekarang kembali pada diri sendiri sebgai pengguna facebook, kemudian kita cari seberapa besar manfaat yang diperoleh dalam hal positif dan seberapa manfaat yang diperoleh dalam hal negative.
Banyak kasus penyalahgunaan facebook, situs jejaring sosial yang sangat populer, bermunculan akhir-akhir ini. Padahal, tujuan awal diluncurkannya facebook adalah sebagai media untuk saling mengenal bagi para pengguna,Rupanya media untuk saling kenal ini dimanfaatkan juga oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.
Akan tetapi, terlepas dari kasus-kasus kejahatan yang terjadi, bagi saya pribadi, situs jejaring sosial  khususnya Facebook tetap memiliki sisi positif, selama penggunaannya tidak di luar batas kewajaran. Dari pengalaman pribadi, saya mendapatkan manfaat yang cukup besar dari Facebook. Salah satunya adalah menghubungkan saya kembali dengan teman-teman lama yang sudah tidak pernah terdengar kabarnya lagi.




No comments:

Post a Comment