Tuesday, August 16, 2011

Pengalaman Menarik Selama Tergabung di Jejaring Sosial Facebook


Nama                   : Herni Agustini
Npm           : D1E009015

Dewasa ini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Salah satunya adalah facebook.Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.
Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa terhalang oleh jarak tempat.Berikut beberapa keelebihan dan kekurangan facebook :
beberapa kelebihan facebook :
- bisa ketemu dengan teman-teman lama tanpa bertemu muka
- media yang mempermudah kita untuk berkomunikasi
- media komunikasi massa yang murah dan gratis
- banyak orang yang bergabung termasuk yang gaptek sekalipun
- banyak fitur yang berguna dan menyenangkan
- jadi inspirasi bagi pemerintah jika mau punya data online penduduknya di mana penduduknya senang menggunakannya
- bisa main game-game asyik yang menghilangkan stress
- memaksa/membuat orang yang tidak kenal komputer & internet

beberapa kekurangan facebook :
- mulai marak spam dari orang yang mau promosi produk
- banyak penipu dan penjahat online bergentayangan cari mangsa
- data diri pribadi kita bisa tersebar pada pihak yang tidak diinginkan
- kegiatan hidup personal kita diketahui pihak lain
- berbahaya bagi yang terlalu jujur, rajin curhat, kurang waspada, dll
- membuat ketagihan dan mengganggu kegiatan hidup nyata
- membuang uang jika punya uang terbatas dan internet mahal
Facebook juga difungsikan sebagai ajang narsis biar eksis. Diantaranya dengan mengupload koleksi foto.Langsung saja pada pembahasan,saya akan mencerita kan pengalaman pribadi saya selama menggunakan situs jejaring sosial yang saya miliki.
Situs jejaring sosial yang saya punya adalah facebook.Saya membuat facebook dari SMA kelas 3.Sebenarnya saya salah satu orang yang tidak menyukai dunia maya.Dan alasan ssaya membuat facebook  saat itu,biar tidak dibilang gaptek(gagap teknologi) sama teman-teman saya.Dan memang pada saat itu facebook lagi digemari banyak orang.
Selama saya menggunakan facebook,tidak banyak pengalaman yang saya alami dan saya dapatkan.Hanya saja dengan facebook ini saya bisa bertemu kembali dengan teman-teman sd,smp bahkan teman bermain waktu kecil,memperbanyak teman.Dan komunikasi dengan saudara-saudara yang jauh lebih baik.Dengan situs jejaring sosial ini saya juga bisa meluapkan apa yang sedang saya rasakan dengan menulis status.
Tamat SMA saya menutup akun facebook saya.Tak lama kemudian saya membuat facebook baru berdua dengan pacar saya waktu itu.Alasannya masih sama,setidaknya kami punya facebook.Dan kami berprinsip  agar facebook ini tidak ada yang mengganggu maka kami berprinsip teman yang di facebook adalah teman yang kenal saja.
Tidak banyak yang saya gunakan dari facebook ini.Hanya sesekali ganti status dan balas wall atau message dari teman-teman,atau keluarga.Dan paling melihat status facebook teman-teman.Jadi saya tau yang mereka lakukan,rasakan dari status tersebut.
Facebook yang ini,ada pengalaman yang dapat dijadikan pelajaran buat saya.Bahwa facebook selain menyenangkan juga bisa membawa masalah.Tahun 2011,saya dan teman-teman saya 1 team dance.Melaporkan seseorang ke polisi karena telah mencemarkan nama baik dance kami lewat facebook nya.Di dinding facebooknya,orang tersebut menulis status yang kurangenak dibaca dan didengar banyak orang.Oleh karena itu saya dan teman-teman saya tidak terima dengan perkataan tersebut akhirnya kami melapor ke polres.Atas dasar pencemaran nama baik dan perbuatan yang tidak menyenangkan.
Dari pengalaman itu,saya dan teman-teman jadi punya pengalaman yang dapat kami ambil pelajarannya,yaitu jangan memakai faceboo untuk yang tidak baik(macam-macam).Salah satunya menjelekan orang di situs jejaring sosial sseperti ini.Jangan sampe merugikan orang lain dan lain sebagainya.
Adapun dengan facebook saya lebih sering menggunakan untuk membeli barang,seperti baju.Karena sudah banyak orang yang menggunakan facebook untuk menjual online.Dan Alhamdulillah sampe saat ini saya belum pernah tertipu oleh penjual online tersebut.Karena banyak cerita teman saya yang uangnya sudah dikirim tetapi barangnya belum sampai.
Kemudian bulan april 2011,saya putus dengan pacar saya,dan facebooj tersebut diambil dengan nya.Jadi saya tidak punya facebook lagi.Tetapi awal juli saya membuat facebook baru lagi sendiri.Dengan tujuan hanya untuk dekat dengan keluarga pacar saya yang baru.Ada cerita yang menarik pada facebook baru ini,saya melihat facebook orang lain yang memakai foto saya dan kakak saya di profile picture nya.Disitu saya cuma tertawa saja melihat facebook tersebut.Saya hanya berfikir orang yang punya facbook tersebut orang yang kurang kerjaan. Facebook ini baru berumur 1minggu,saya tutup akun kembali.Karena saya malas menggunakannya.Jadi sekarang saya tidak mempunyai facebook lagi.
Itulah cerita saya,tidak banyak pengalaman saya di situs jejaring sosial ini.Karena memang pada dasarnya sayaa tidak suka dunia maya.Saya pun juga tidak tahu kenapa saya tidak suka dunia maya,padahal saaya melihat teman-teman saya kecanduan sekali menggunakan facebook.Dan Saya orangnya juga tidak mau terlalu mempublikasikan semua tentang saya di situs jejaring sosial seperti facebook ini.Makanya,saya malas mengurus dan menggunakan facebook.


No comments:

Post a Comment