Wednesday, August 10, 2011

Tugas Perkembangan Teknologi Komunikasi I


Nama : Eko Nopratama Adhitia
NPM : D1E009011

Imajinasi Tentang Teknologi Media Komunikasi di Masa Depan

Berbicara tentang teknologi tidak akan ada hentinya untuk berkembang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menunjukkan jati dirinya dalam peradaban manusia dewasa ini. Sudah tentu tidak dapat diingkari dan dipandang sebelah mata, peran perkembangan teknologi informasi telah memberikan share yang signifikan terhadap nilai tambah ekonomi. Efisiensi dalam berbagai bidang, khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya melalui kecepatan dan ketepatan informasi, serta performa fisik telah dapat ditingkatkan dengan sangat drastis, sekaligus berarti telah mampu mengefisienkan penggunaan tempat dalam artian kapasitas ruang.
Bukan itu saja, penampilan fakta kongkret dari sebuah situasi dan kondisi yang dapat diakses dari tempat berbeda secara bersamaan dan dengan durasi tanpa batas, telah menganulir akan keragu-raguan terhadap eksistensi kejujuran manusia. Bahkan, kejujuran itu sendiri yang tadinya hanya sebagian dapat dideteksi melalui sorot mata, pada saat sekarang ini dengan kemampuan teknologi mampu mengolaborasi gelombang emosi, sehingga dapat diidentifikasi tingkat kejujuran yang diimplementasikan. Kehidupan ke depan sebagian besar akan dininabobokan oleh kemjuan teknologi informasi tersebut.
Ketika saya memberikan ruang pada diri saya untuk berimajinasi seperti apa teknologi media komunikasi dimasa yang akan datang, ada beberapa hal yang terlintas dipikiran saya diantaranya :
1.      Mesin penerjemah otomatis seluruh bahasa yang ada di dunia
Hal yang membuat saya berpikir tentang teknologi ini adalah karena di masa yang akan datang semua orang diseluruh dunia akan memiliki kebutuhan yang tinggi untuk saling berhubungan, dikarenakan berbagai hal, seperti bisnis, ekonomi, politik, pendidikan, serta social budaya, keterbatasan manusia untuk bisa berbahasa yang ada diseluruh dunialah yang menjadi factor pendorongnya,
Dengan adanya alat ini akan membantu semua orang di dunia untuk berkomunikasi secara efektif meskipun kita tidak memiliki kesempatan untuk mempelajari tentang bahasa dari belahan dunia yang lain. Tetapi adapun dampak dari teknologi ini, akan menipisnya keinginan setiap orang untuk belajar, karena semua tersedia secara instan.
Mesin inipun saya prediksi akan berukuran sangat kecil, karena mesin ini menjadi alat yang bisa saja akan dibawa hampir semua orang, khusunya orang-orang yang memiliki intensitas yang tinggi untuk pergi ke Negara-negara atau belahan dunia yang lain.

2.      Alat komunikasi tanpa baterai (menggunakan denyut nadi/detak jantung)
Yang terpikir oleh saya adalah sebuah alat komunikasi yang sangat kecil, yang mudah dibawa, yang bisa memungkinkan kita untuk terhubung dengan siapapun, untuk mengetahui informasi apapun, lengkap dengan hiburannya, dengan kecepatan yang tinggi, namun yang paling luar biasa dapat digunakan tanpa perlu kita takutkan batas waktunya, karena alat ini tidak perlu di cash seperti batre hanphone atau laptop, namun alat ini akan terus aktif selama berada di daerah tubuh pemiliknya, dengan denyut nadi atau detak jantung.
Hal ini akan sangat berguna mengingat pergerakan arus informasi dan komunikasi yang sekarang mulai mengabaikan waktu, dengan alat ini kita tidak perlu khawatir untuk mengisi baterai.

3.      Pesawat pribadi dengan kecepatan yang sangat tinggi (hitungan menit)
Semakin perkembangan zaman mendorong semua orang untuk bergerak cepat, mengingat waktu sangat berharga karena material, akan sangat sulit jika memiliki kepentingan yang mendesak dengan waktu yang singkat namun harus melewati banyak Negara dengan hanya menggunakan pesawat seperti yang ada sekarang, butuh waktu yang lama beberapa jam, bahkan bisa berhari-hari, dengan kecanggihan pesawat pribadi ini, semua permasalahan akan dengan mudah dapat terselesaikan, namun yang akan terlihat aneh, mungkin akan sering terjadi tabrakan di udara karena akan banyak sekali pesawat pribadi yang melintas di atas kepala kita setiap harinya, tetapi sangat membantu dalam meringankan setiap aktifitas manusia.


4.      Alat untuk menemukan gen serta alat untuk mentransfer gen
Alangkah luar biasanya seandainya benar-benar ditemukan alat seperti ini, semua manusia di dunia ini bisa menjadi sesempurna yang ia inginkan, ia bisa melakukan apapun dalam kehidupannya untuk berinteraksi dengan orang lain, contohnya saja jika alat ini mampu menemukan gen manusia genius yang pernah ada di bumi, dan gen tersebut dapat ditransfer sehingga membuat orang yang mnerimanya bisa memiliki kegeniusan yang sama dengan pemilik gen aslinya.
Apa lagi alat ini tidak hanya diperuntukkan untuk manusia, tetapi tumbuhan bahkan hewan, mungkin tidak akan pernah terjadi lagi kelaparan diatas bumi ini.

5.      Manusia Robot (multifungsi)
Bayangkan jika di masa depan ada robot tetapi bentuknya persis manusia, yang bisa dipesan sesuai keinginan yang ingin memilikinya, robot ini juga dirancang untuk bisa membaca pikiran manusia, sehingga tahu apa yang harus dia perbuat tanpa diperintah pemiliknya.
Robot ini akan sangat membantu sekali nantinya, akan mengurangi penggunaan tenaga manusia dalam mengerjakan setiap pekerjaan manusia yang membutuhkan tenaga, serta waktu yang relative cepat. Dengan robot multifungsi ini manusia hanya diam saja drumah, dan membiarkan robotnya yang mngerjakan semua aktifitasnya, namun akan banyak hal negative dari mesin masa depan ini, mungkin manusia tidak lagi membutuhkan manusia lain, mereka akan hidup individu karena semua yang serba instan, dan juga akan sangat aneh nantinya bila yang beraktifitas diluaar rumah lebih banyak robot daripada manusia.

6.      Teknologi Pengontrol Pikiran
Yang terbayang oleh saya adalah manusia cukup berpikir, dan semua yang ada dipikirannya akan menjadi kenyataan, tentunya dengan alat canggih, seperti laptop yang bisa mengetik atau menulis sendiri apa yang ada di dalam pikiran manusia, sehingga mempermudah manusia dalam melakukan aktifitasnya, mungkin juga ada alat masak, yang bisa memasak sendri atau secara otomatis masakan yang sedang kita pikirkan di dalam pikiran kita, namun jika teknologi seperti ini benar-benar ada, mungkin manusia di bumi ini akan mengalami banyak penyakit, karena tanpa bergerak semua yang dia inginkan dapata terlaksana dengan baik, dan juga jika teknologi ini benar-benar ada mungkin tidak ada lagi orang-orang yang berjualan makanan, atau restoran, karena semua yang diinginkan bisa dsajikan dirumah.

7.      CCTV yang bisa memantau seluruh aktifitas manusia di dunia (menembus batas ruang)
Dimasa sekarang ini begitu banyak bahkan tak terhitung lagi tindakan criminal yang terjadi, dan hingga saat ini juga belum ada yang bisa benar-benar menghabiskan tindakan-tindakan jahat yang terjadi di bumi ini.
Entahlah apa yang terjadi jika teknologi ini benar-benar ada, mungkin dunia akan aman, karena bisa saja semua penjahat di dunia ini akan memberhentikan aksinya, karena bisa diketahui oleh semua orang, dengan alat ini suatu badan dunia yang memiliki wewenang atas teknologi ini bisa menjadi alat untuk pembuktian benar atau salah, jujur atau bohong yang dilakukan oleh orang-orang yang dianggap atau didakwa bersalah, jika alat ini benar-benar ada maka mungkin sudah tidak ada lagi kriminalitas, namun yang terjadi mungkin orang-orang akan merasa ketakutan dalam melakukan tindakannya, mungkin akan banyak manusia yang akan membuat rumahnya dari besi yang mungkin tidak bisa ditembus oleh teknologi canggih ini.

8.      Koran digital tanpa kertas (display dengan bentuk fleksibel dan transparan)
Kebutuhan akan Koran benar-benar masih sangat tinggi, tanpa kita sadari berapa banyak pohon yang harus ditebang setiap harinya untuk menghasilkan kertas yang diperuntukkan untuk kertas Koran, untuk menantisipasi permasalhan global warming mungkin dengan penggantian Koran kertas dengan Koran digital tanpa kertas ini bisa menjadi solusi, mungkin bumi ini akan hijau kembali dan umur bumi ini bisa lebih panjang (Meskipun semua Tuhan yang menentukan).
Tidak hanya itu Koran digital ini juga bisa berfungi sebagai televise yang bisa ditempel dimanapun serta bisa menjadi jam dinding, Koran digital ini juga bisa menceritakan langsung dalam bentuk suara semua informasi yang ada, jadi kita tidak perlu membaca lembar-demi lembar, kita hanya mendengarkan saja setiap informasi yang ada, serta Koran digital ini bisa secara otomatis mengarsip informasi dimasa lalu, serta dengan cepat meng up-date informasi baru.
Namun akan muncul masalah social jika hal ini benar-benar teraktualisasi, mungkin akan banyak orang di dunia yang akan kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran.


9.      Jubah ajaib
Begitu sulit menemukan para pelaku kriminalitas didunia ini, karena manusia memiliki batasan untuk mengawasi aktifitas yang terjadi di dunia, namun jika ada jubbah ajaib yang bisa memungkinkan orang yang menggunakannya bisa terlihat menghilang, maka hal ini memiliki manfaat, sehingga secara diam-diam dan tidak terlihat oleh orang lain, maka pihak yang bertugas keamanan bisa mengetaui tindakan-tindakan yang tidak terpuji yang terjadi dan membutuhkan bukti yang cepat untuk menemukan pelaku kejahatan.

10.  Layar 3g atau webcam yang flexible serta mampu mendeteksi bau
Banyak orang yang terpisah oleh jarak, namun menginginkan selalu bertatap muka setiap harinya, memang saat ini ada 3g, namun belum membuat manusia puas menggunaknnay karena hanya dalam layar kecil hanphone atau laptop, jika ada layar yang fleksibel yang bisa di besar serta kecilkan sesuai ukuran yang kita inginkan bahkan hingga sebesar bentuk seseungguhnya maka setiap manusia yang berkomunikasi menggunakan alat canggih ini bisa selalu merasa dekat karena mereka merasa seperti berada dalam satu temapat meskipun terbatas layar dan dengan wallpaper yang berbeda, dan alat ini juga tidak hanya bisa melihat dan mendengar tetapi juga mampun mencium aroma apa yang sedang tercium di tempat lawan komunikasi kita saat itu.

No comments:

Post a Comment