Wednesday, August 10, 2011

Tugas Perkembangan Teknologi Komunikasi 2


Nama : Eko Nopratama Adhitia
NPM : D1E009011

Pengalaman Menarik Selama Tergabung di Jejaring Sosial Facebook

Berbicara tentang jejaring social, facebook adalah yang paling diminati saat ini, disini memungkinkan semua orang yang ada diseluruh dunia untuk terhubung satu sama lainnya.
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh MySpace Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010. Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.
Setiap orang yang menggunakan facebook otomatis memiliki pengalaman yang berbeda-beda selama dia bergabung di facebook. Karena melalui facebook memungkinkan semua orang untuk terhubung antara satu dengan yang lainnya, yang mereka kenal bahkan yang mereka tidak kenal sekalipun.
Berikut adalah pengalaman pribadi saya selama tergabung di jejaring social facebook :

1.      Bertemu teman lama yang sudah Lost Contact
Facebook memungkinkan kita untuk bertemu dengan siapapun melalui dunia maya, dengan hanya mengetik nama, email, atau instansi tertentu kita bisa bertemu dan berbincang-bincang dengan siapapun yang diawali dengan permintaan pertemanan dan penerimaan permintaan pertemanan yang lebih dikenal dengan “Add dan Konfirmasi”, pengalaman menarik saya adalah ketika saya bergabung disebuah grup tempat saya bersekolah ketika SMP, ketika saya bergabung muncullah sederet nama yang tidak asing bagi saya, mereka adalah teman-teman SMP saya, setelah tamat SMP, saya mendengar kabar bahwa banyak teman-teman yang pindah keluar kota, dan mereka juga sudah tidak menggunakan nomor handphone yang lama.
Melalui facebokk akhirnya saya bisa kembali terhubung dengan teman-teman di luar Bengkulu, seperti di Yogjakarta, Jakarta, Palembang, Bandung dan masih banyak lagi, setelah bisa berbincang-bincang lagi akhirnya kami sepakat untuk membuat acara buka puasa bersama setiap tahunnya.

2.      Berkenalan dengan orang dari kota lain
Dari facebook saya pernah berbincang-bincang dengan seseorang wanita yang belum saya kenal sebelumnya, pada awalnya hanya iseng saja, hitung-hitung menambah teman, dia seorang mahasiswa dari Yogja, saya memperkenalkan diri begitupun dengan dia, hingga akhirnya saya mengatakan bahwa saya tinggal di Bengkulu, dan respon yang membuat saya sedih adalah ketika dia mengatakan “Bengkulu itu di Maluku ya ?” ingan tertawa sekaligus sedih mendengarnya bahwa banyak orang yang tidak mengetahui tentang tanah kelahiran saya.
Tetapi dengan inisiatif sebagai seorang mahasiswa yang juga merupakan agen perubahan, saya lalu memperkenalkan tentang Bengkulu, saya juga sempat memperlihatkan keindahan kota ini, dia juga sepertinya mengagumi Bengkulu, bahakan tidak hanya itu beberapa hari kemudian kami sacara tidak sengaja On chat bersamaan, dan dia mengatakan bahwa dia punya teman satu kampus yang berasal dari Bengkulu juga, dan ia mengatakan ingin dibawakan pasir putih pantai panjang dan miniature tabot khas Bengkulu, ketika temannya nanti pulang kampung, akhirnya saya juga bisa mempromosikan kota Bengkulu walaupun kepada satu orang.

3.      Boros pulsa karena facebook-an via Handphone
Facebook memang sudah meracuni banyak orang di dunia, termasuk saya, saya yang selama ini hanya mengisi pulsa Handhone hanya 3 sampai 4 kali selama satu bulan, karena ketagihan menggunakan Facebook membuat saya ngisi pulsa sampai sepuluh kali bahkan lebih, saya lebih suka terhubung dengan facebook menggunakan handphone karena lebih praktis, tetapi satu hal yang sangat memberatkan saya adalah mengahabiskan pulsa sangat cepat sekali, apalagi ketika membuka foto, gara ini saya terpaksa mengutang kepada temaan yang menjuaal pulsa.
Tetapi kejadian ini tidak b erlaangsung cukup lama, karena saya mendapatkan informasi dari teman-teman bahwa pengguna facebook bisa mengakses facebook melalui handphone dengan biaya 0 (nol) rupiah, sesuatu yang menggembirakan karena bisa terhubung dengan facebook kapanpun kita mau tanpa bayar, meskipun kita tidak bisa melihat foto para penggunanya.

4.      Acara ulang tahun saudara tanpa biaya untuk mengundang orang lain
Facebook memungkinkan kita untuk dapat membuat acara serta mengundang banyak orang untuk menghadirinya, untuk menghemat biaya, saya menyarankan saudara saya untuk memanfaatkan akun facebook untuk menghemat biaya dalam pembuatan undangan, dengan membuat beberapa kalimat, dan mengirimnya kepada orang-orang yang akan diundang untuk hadir di acara ulang tahun, dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan mengundaang oraang dengan menggunakan undangan kertas, baanyak teman-teman dan saudara yang datang, dan yang lebih menarik lagi foto-foto selama acara berlangsung bisa ditandai di masing-masing alamat teman yang terdaftar sebagai pertemanan di akun facebook, cukup menghemat biaya bila kita bisa memanfaatkan secara maksimal.

5.      Remove teman karena suka ngomong kotor dan lebay (berlebihan)
Kejadian ini terjadi waktu awal-awal saya bergabung di facebook, ada seorang teman yang tidak saya kenal setiap hari dia membuat status dengan bahasa yang kotor dan kurang ajar, namun hal itu tidak saya gubris, yang penting bagi saya teman di facebook bertambah banyak.
Suatu ketika saya sedang membuka facebook dirumah, karena sudah tak tahan ingin ke WC, terpaksa saya tinggalkan computer saya begitu saja, lalu ternyata ayah sayaa menghampiri komputer saya dan membaca apa yang ada di beranda facebook saya, setelah saya kembali ayah saya tiba-tiba saja marah, dia mengatakan kepada saya untuk tidak menggunakan facebook lagi karena banyak sekali kata-kata kotor di dalamnya, bahkan ayah saya sempat ingin menjual computer saya, lalu segera saya remove akun tersebut, untuk menghindari hal-hal negative yang merugikan.

6.      Berbelanja Online di facebook
Saya pernah ditawarkan oleh saudara sepupu saya untuk membeli baju di online shop yang ada di facebook, saudara saya tersebut mengajak untuk mencoba berbelanja melalui internet, karena belum pernah melakukan hal tersebut, saya kemudian menolaknya, karena takut yang dipesan tidak sesuai keinginan, atau tidak dikirimkan atau penipuan, tetapi saudara saya tersebut tetap bersikukuh untuk berbelanja inline karena dia sangat tertarik dengan barang yang ditawarkan.
Diapun segera mnghubungi akun yang menjual produk tersebut dan memesan yang dia inginkan, dia disuruh menyetorkan uang pembelian serta ongkos pengiriman, lalu setelah beberapa hari barang yang dipesan pun sampai, namun saudara saya mengatakan sangat mengecewakan, karena bahan dasar baju yang dia pesan sangatlah jelek, dan membuatnya kecewa, padahal dia membayar dengan biaya yang cukup mahal, dan dari peristiwa itu saya hanya mengatakan alhamdullilaah kerana tidak tertipu dengan kemasan yang begitu menarik yang diperlihatkan melalui akun jejaring social facebook.

7.      Berkenalan, Pendekatan dan Pacaran melalui facebook
Berawal dari pertemanan saya melalui facebook, saya bisa bertemu dengan seseorang yang sekarang menjadi teman dekat saya, saya memiliki seorang teman yang dulunya satu sekolah waktu di SMA, beberapa waktu yang lalu saya iseng-iseng membuka facebooknya, dan melihat perbincangan di dindingnya, waktu itu saya melihat dia sedang beraktifitas antar dinding dengan seorang wanita yang kelihatannya masih duduk d SMA, dan waktu itu saya sudah duduk di bangku kuliah.
Singkat waktu saya meminta teman saya untuk dikenalkan dengan wanita tersebut, kemudian akhirnya saya meminta pertemanan dengan wanita tersebut, kemudian kami semakin dekat, dari facebook saya bisa tahu kesehariannya melalui foto-foto yang ia unggah k facebook. Kemudian sayapun memberanikan diri untuk meminta nomor handphonenya, akhirnya saya bisa berkomunikasi lebih intens memalui hp, seiring berjalannya waktu kami semakin dekat, dan tidak saya sangka akhirnya dia menjadi orang yang paling dekat dengan saya saat ini.
Begitu banyak manfaat yang diberikn facebook, namun hal-hal negative tetap tidak bisa untuk dihindari, yang terpenting adalah memanfaatkannya secara baik, tetapi tetap menghindari hal-hal negative, karena facebook di gunakan oleh semua orang di dunia, dan ketika melakukan hal yang salah bisa-bisa semua orang tahu dan kita akan di cap sebagai kriminalitas.

No comments:

Post a Comment