Tuesday, August 16, 2011

Imajinasi Tentang Teknologi Media Komunikasi di Masa Depan


“Tugas Perkembangan Teknologi Komunikasi”
  Nama: Virginita Daulay
      NPM: D1E009123
  Ilmu komunikasi

Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok.Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.
Berawal dari suatu proses komunikasi yang hanya melibatkan pembicaraan antara orang yang saling berkomunikasi,yaitu melalui pertukaran pesan yang hanya disampaikan secara manual melalui mulut ke mulut. Maka sebagai manusia modern yang selalu mengalami pembaharuan, pastilah selalu diadakan modernisasi untuk memenuhi kepentingan akan masa sekarang. Dalam hal ini kita mengambil contoh yang nyata yaitu perkembangan teknologi komunikasi yang semakin drastic, maka sebagai referensi ada baiknya kita mengetahui alur perkembangan ini dari dulu sekarang dan berimajinasi apa yang kira-kira terjadi pada masa yang akan datang.
Zaman dulu pesawat menggunakan system pencet-pencet tombol, tapi sistyem memutar. bentuk dan warnanya juga unik, bandingkan dengan pesawat telpon jaman kini yang rata-rata berwarna putih, Sistim surat menyurat adalah sebuah sistim dimana dokumen tertulis yang umumnya berada di dalam amplop, juga paket-paket kecil yang berisi barang, dikirimkan ke berbagai tujuan di seluruh dunia. Segala sesuatu yang dikirim melalui Sistem ini disebut
surat atau paket. Tapi sekarang media komunikasi telah berkembang secara signifikan sudah ada internet, telepon genggam sehingga kita tidak perlu lagi bersusah payah untuk memberitahu kabar dengan orang lain di seluruh penjuru dunia.
Perkembangan teknologi ini tidak hanya sebatas ruang lingkup media komunikasi saja, tapi ada banyak hal yang sebenarnya dapat diteliti. Perkembangan teknologi ini secara tidak langsung melibatkan berbagai komponen, bila ingin menghasilkan suatu teknologi yang mutakhir maka haruslah ada SDM yang mendukung selain SDA juga berperan penting. Pada masa sekarang perkembangan teknologi ini sudah menmpnyai keberanian untuk melakukan terobosan-terobosan baru yang semakin canggih tentunya. SDM juga sekarang sangat terlatih dan sangat memiliki kompetensi yang baik dan memukau.
Misalkan di Negara jepang yang di sebut sebagai biangnya teknologi pada jaman sekarang saja sudah membentuk teknologi yang luar biasa. Jepang adalah pusat teknologi dunia, jepang memang tidak pernah kehabisan ide - ide dalam melakukan inovasinya terhadap penemuan - penemuan mereka. Mereka mengembangkan robot- robot terbaik di dunia dan teknologi yang biasanya hanya di temukan dalam dunia mimpi. Walaupun di jepang sangat minim SDA karena mereka memiliki lahan yang sempit dan terbatas, maka hal lain yang mereka kembangkan adalah melalui pabrik nulkir dan zat-zat biokomia lainnya.
Diantara contoh teknologi jepang itu antara lain baterai yang menggunakan bahan bakar air, helm yang dapat melindungi kita dalam kecepatan 360 km/jam,sepeda motor baterai,berbagai macam robot yang dikendalikan manusia gunanya agar dapat mempermudah pekerjaan manusia, dan yang paling menarik adalah proses pengolahan makanan dari sampah dan tinja yang dilakukan di jepang.
Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan di era modern sekarang ini, kelengkapan alat dan keadaan manusia yang semakin cerdas semakin meningkatkan orang untuk mengalami pembaharuan dan modernisasi. Tentunya itu berguna agar kita dapat dimanjakan okeh teknologi itu.
Seperti di jepang, mereka membuat teknologi itu seolah-olah kita ada di alam mimpi. Robot-robot yang hanya ada di film animasi pada jaman sekarang sudah bisa kita lihat secara riil. Bahkan seringkali pertunjukannya ditampilkan di media massa dan cetak. Pada jaman sekarang saja sudah banyak sekali perkembangan teknologi yang terjadi. Di jepang merupakan konteks yang tepat untuk mengukur tingkat perkembangan teknologi saat ini, karena merekalah yang selalu mengadakan penemuan-penemuan yang luar biasa dan tidak bisa dipercaya pada logika awam. Seperti pembangkit tenaga listrik yang sebagian masih menggunakan tenaga air, matahari dll di jepang sudah menggunakan tenaga gas, nuklir.
Teknologi ini juga membuat decak kagum bagi kita, mereka dengan gampangnya membuat teknologi yang mutakhir. Jepang telah mengambil serangkaian prakarsa untuk meningkatkan teknologinya dalam menghadapi persaingan dunia yang kian ketat. Jepang merupakan salah satu negara pertama yang menyadari pentingnya teknologi bagi pelestarian dan perlindungan lingkungan. Seolah-olah mereka ingin berdiri sendiri tanpa bergantung dengan alam dengan selalu memberikan inovasi yang tentunya berhubungan dengan teknologi. Hal ini merupakan suatu keputusan bagus dan sangat cerdas, karena semakin lama SDM di bumi ini akan habis, maka perlu di adakan pembaruan di bagian teknologi. Karena pada dasarnya teknologi sekarang sudah sangat di perlukan oleh masyarakat dunia. Menurut suatu kutipan pada masa yang akan datang air di dunia akan habis, maka semua makhluk hidup akan mengalami kekeringan air dan dehidrasi. Sebagai manusia modern maka perlulah diadakan inovasi bagaimana kita tidak akan kekurangan air pada jaman nanti, selain dengan tidak mubazir dalam pemakaian air perlu juga menciptakan teknologi yang dapat memperoleh air dengan cara pembuatan tabung air di dunia yang bisa menampung air bagi seluruh manusia.
Mungkin itu hanya wacana dan angan-angan kita tentang bagaimana perkembangan teknologi masa akan datang. Walaupun sekarang sudah banyak penemuan yang sangat fantastis,tapi tidak memungkinkan kita untuk selalu berimajinasi dan bermodernisasi. Memang benar anggapan bahwa nantinya kita akan selalu dimanjakan dengan teknologi yang instan tanpa di sibukkan dengan cara-cara manual. Sekarang saja dampak itu sudah mulai dirasa.
Maka di tulisan ini kita akan berandai-andai bagaimana teknologi yang terjadi pada masa depan. Mungkin saja di dunia akan nada televise yang selain bersuara juga dapat beraroma sesuai apa yang ditampilkan di acaranya, apabila sedang acara memasak maka akan tercium lah aroma harum bumbu masakannya.
Mungkin juga aka nada alat pendeteksi gempa yang memiliki daya yang cepat,sehingga bisa diakses melalui jaringan telepon seluler, mungkin juga aka ada telepon genggan yang tidak lagi menggunakan sim card, dan seluruh area dapat mengakses jaringan internet dimana saja. Bayangkan, di masa depan para jurnalis yang sedang meliput tidak perlu repot mengetikkan laporannya dengan keyboard. Mereka cukup menjalankan perangkat lunak voice recognition dalam paket perkantoran melalui smart phone-nya lalu mengucapkan berita yang hendak dibuat. Perangkat lunak tersebut secara otomatis menampilkan kata-kata yang diucapkan sang jurnalis.
Selain itu mungkin kita tidak lagi membutuhkan jasa baby sitter dan pembantu untuk mengatasi pekerjaan rumah tangga, hanya kita membeli se set robot maka selesailah semua pekerjaan kita. Banyak sekali hal-hal yang dapat dijadikan imajinasi kita terhadap masa depan,perkembangan manusia sekarang yang tidak lagi membutuhkan buku catatan hanya perlu membawa computer jinjing atau notebook ke kampus mereka.
Bisa saja kita pada masa depan apabila ingin bepergian tidak lagi menggunakan pesawat umum, melainkan sudah ada pesawat pribadi yang dijual murah dan semua orang dapat memilikinya. Telepon genggam pada masa datang mungkin saja hanya sebesar karet penghapus sehingga lebih mudah untuk di akses dn dibawa-bawa.
Alat-alat rumah tangga pun akan semakin canggih, kita hanya perlu menyiapkan perlengkapan nya saja dam memasukkan bumbu-bumbu maka secara otomatis masakan yang ingin kita masak akan tersaji hanya dengan menekan menu apa yang akan kita buat. Kompor yang sekarang sudah ada yang menngunakan listrik mungkin masa depan akan menggunakan tenaga beterai yang bisa di charger dan di isi ulang beterainya. Alat-alat lain seperti vacuum cleaner yang bisa bekerja sendiri tanpa kita memegangnya dan lain-lain.
Dalam hal lain mungkin nanti akan nada telepon genggam yang dapat mengakses semua kegiatan kita dimana saja berada walaupun kita ada di planet lain. Akan ada pula makhluk lain seperti robot animasi dari replica dinosaurus yang sebenarnya, spiderman yang bisa memanjat di tembok, sebagai hiburan kita.
Dan yang paling terhebat yaitu akan membangun kota-kota robot yang ingin ditampilkan display nya seperti berada di jaman kartun dan animasi. Mungkin agak aneh tentang penemuan yang luar biasa ini, tapi hal ini memang akan terjadi dan bakal terealisasi pada sekarang.
Banyak sekali hal yang dapat diandaikan apabila kita disurun berimajinasi tentang apa yang terjadi dengan masa depan. Akan ada jaringan internet yang berkecepatan 20 kali lipat dari sekarang. Otak manusia bisa digandakan atau dirubah menurut keinginan kita, mobil-mobil akan terbang sehingga tidak ada lagi jalanan yang macet dan penuh sesak oleh mobil. Sepeda motor yang bisa dilipat, karena sekarang sudah ada sepada lipat, telepon sekarang sudah 3G nanti akan ada telepon 10G, bahkan 100G, internet bisa di akses dimana saja tanpa mempengaruhi jarak dan waktu pemisahannya.
Mungkin nanti kita sama sekali tidak tinggal dirumah, melainkan selalu berpindah-pindah dengan menggunakan jet pribadi ataupun pesawat pribadi. Dan mungkin juga semua kebutuhan kita akan terpenuhi secara cepat tanpa butuh kerja keras dll.
Itulah sebagian contoh angan-angan atau imajinasi yang mungkin akan terjadi di masa depan pada beberapa tahun kedepan. Pada sekarang saja teknologi telah berkembang secara drastic, orang-orang telah bisa melakukan hal yang sebenarnya tidak dapat diterima akal sehat dan sulit dicerna. Tapi yang namanya teknologi pastilah akan selalu bergerak dan berkembang, masyarakat menjadi semakin modern dan ingin tau sehingga melakukan eksperimen dalam berbagai hal. Hal yang paling baik di jadikan tolak ukur adalah jepang dan wilayah barat lainnya karena merekalah yang secara getol melakukan perkembangan dibidang teknologi.
 Teknologi berkembang dengan pesat. Kemajuannya sesungguhnya tergantung pada manusia itu sendiri. Seandainya manusia enggan untuk mengembangkan teknologi, tak mungkin ada kemajuan teknologi. Dengan demikian, kesempatan untuk memperoleh kemudahan dan kesejahteraan yang dapat dicapai dengan bantuan teknologi, yang dimanfaatkan dengan cara yang benar.
Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi pada masa depan kita, bagaimana kehidupan kita kelak dan bagaimana kita menjalankan hari-hari kita. Apakah kita akan 100% di manjakan oleh teknologi ataukah masih tetap menjalankan tradisi yang ideal. Jadi kesimpulan dari hal ini yaitu teknologi pastilah akan terus-menerus berkembang tinggal kita saja apakah dapat memanfaatkannya dengan baik dan wajar, jangan karena teknologi tersebut kita jadi selalu bergantung dan menyebabkan kita malas dan selalu menunggu apa lagi teknologi yang akan terjadi masa yang akan datang.  

No comments:

Post a Comment