Tuesday, August 16, 2011

“KONSEKUENSI SOSIAL DAN KULTURAL DARI PERKEMBANGAN MEDIA BARU“


Tugas Perkembangan Teknologi Komunikasi
Nama : Seiren Ikhtiara
NPM : D1E009117
Ilmu Komunikasi

Media merupakan suatu kekuatan yang bisa mempengaruhi kekuatan sosial.Media disini berkaitan dengan masalah ekonomi,sosial,politik dan Budaya.Kebanyakan orang media beranggapan sangatlah berkaitan dengan masalah ekonomi, politik,sosial dan budaya. Pengaruh media dalam kehidupan sosial melihat konsekuensi sosial pemakaian media. Konsekuensi sosial dengan dampak sosial media memiliki makna media yang berbeda.Sedangkan dampak sosial keadaan sosial sebagai hasil sebuah perbenturan dua keadaan yang tidak disadari.dengan demikian Konsekuensi sosial disini yaitu akibat sosial sebagai kelanjutan logis sebuah keadaan dan pemakaian yang sudah disadari akan terjadi.
Konsekuensi Sosial disini mengandung unsur logis dan kesadaran. Sedangkan dampak sosial tidak mengandung logis dan kesadaran.Kemudian konsekuensi sosial dapat dilihat pada perubahan individu,individu dan komunitas, individu dengan lembaga sosial, dan media massa, komunitas dengan lembaga sosial, tentu saja setelah pemakaian teknologi komunikasi.

Kultural sering kita sebut sama artinya dengan Budaya,oleh karena itu media dilihat dari karakter yang dimiliki lembaga sosial, sistem pengetahuan, perilaku keseharian individu dan komunitas, sistem nilai norma masyarakat berubah, sebagai kelanjutan logis media, maka timbulah konsekuensi kultural.
Dari pernyataan diatas menurut saya konsekuensi sosial sangat penting dan menguntungkan yaitu bisa timbulnya : Perubahan hubungan sosial dan Transformasi sosial. Seperti halnya perubahan hubungan sosial,apabila hubungan tersebut diantara keduanya masyarakat berubah. Misalkan individu satu dengan yang individu yang lain karena media , maka sudah terjadi konsekuensi sosial tetapi pada individu lainnya timbul lah sense pada individu satunya lagi.
Kemudian apabila dikaitkan dengan pemakaian komputer atau laptop .seperti yang telah kita ketahui komputer atau laptop yaitu sebuah alat untuk berkomunikasi. Didalam masyarakat setiap individu hidup bersama-sama dan tidak dimungkiri didalam daerah tertentu sangat membutuhkan sebuah media. Dan bisa saja didalam daerah tertentu individu-individu tersebut tidak pernah bertemu, secara fisik pun hidup didaerah-daerah yang berbeda.yang kemudian mereka terhubung karena sama-sama menggunakan media komputer atau laptop.
Contoh lain bahwa konsekuensi sosial menguntungkan yaitu melalui laptop kita bisa melihat hasil ketikan kita dilayar monitor sebelum dicetak.sehingga lebih efisien dalam waktu dan penyimpanan file. Disamping lebih efisiensi dalam pemakaian dengan adanya teknologi  baru menyebabkan tingkat ketergantungan kita terhadap orang lain lain semakin berkurang.
Melalui Transformasi sosial disini masyarakat tidak bisa disebut masyarakat informasi apabila masyarakat itu sendiri tidak terbuka.Salah satu pendorong lahirnya masyarakat terbuka adalah pemakaian teknologi komunikasi . Ini terasa logis . Sebab, pemakaian teknologi komunikasi mempengaruhi struktur masyarakat. Nilai yang dibawa oleh sebuah teknologi kornunikasi sanggup menggoyahkan struktur masyarakat yang lama. Transformasi sosial lainnya adalah terdapatnya orientasi kerja manusia
yang semula pada otot berubah berorientasi pada otak, sehingga perbedaan
gender dalam kerja semakin sempit.
Kemudian menurut saya kultural media juga menguntungkan seperti halnya kultural media sangat menonjol seperti : Perubahan sistem nilai dan norma,penyerahan sebagai identitas diri pada media, dan kolonialisasi.Didalam perubahan sistem nilai dan norma kebanyakan orang-orang telah banyak mengakses internet.selama pengalaman mereka mengakses internet tentu saja banyak yang telah mengubah pandangan tentang diri pribadi mereka sesuai dengan mereka anut.perubahan akan mereka ini sangat baik untuk kebaikan mereka dimasa yang akan datang. Dengan arti sistim nilai yang mereka anut adalah nilai baik dan bermanfaat untuk kemajuan masyarakat secara keseluruhan.
Kemudian penyerahan sebagai otoritas diri pada identitas diri, bila dilihat kebnayakan orang mengakses media membutuhkan waktu luang dan pengeluaran yang banyak untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Meskipun telah terpuaskan dengan informasi yang didapat , mereka pun masih terus mencari informasi yang ada diinternet.

Dari sinila kita mengetahui penyerahan sebagai otoritas identitas diri pada media  akibatnya mereka kecanduan dan lebih memilih menggunakan internet yang membawa kita kepada pengeluaran yang sangat lebih. Selain itu dengan munculnya media baru menambahkan agaya hidup dengan menambahkan pengetahuan terhadap internet.
Yang terakhir yaitu Kolonialisasi. Disini munculnya media baru menambah arus informasi ke negara-negara maju ke negara berkembang menjadi tidak seimbang. Dari ketidak seimbangan inilah masyarakat menggunakan media ini lebih banyak memgkonsumsi arus informasi di negara maju.Sehingga memunculkan Kolonialisasi.
Kesimpulannya menurut saya, konsekuensi sosial itu berdampak sekali bagi individu penggunanya.penggunaannya pun memiliki dampak yang negatif dan positif. Kemudian Dengan bantuan media teknologi komunikasi, memudahkan pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi untuk memperoleh pengalaman belajar akan nilai-nilai sosial budaya baru secara timbal balik. Konsekuensi sosial dampak media teknologi komunikasi bisa bersifat membangun atau merusak, positif atau negatif, baik secara fisik atau pun secara hal-hal yang bersifat nonfisik, misalnya pola pikir, kebudayaan, dan tatanan hidup manusia tergantung bagaimana masyarakat menggunakan teknologi informasi itu untuk berkembang dan maju.
Selanjutnya kultural media, cara pengguna dalam pemakaian media tersebut,dapat dilihat media ini bisa bermanfaat atau tidak bagi pemakainya. Kemudian dengan adanya kultural media membawa kita pengguna teknologi komunikasi pada dunia modern. Yang akan mengantarkan kita sebagai penghubung utama dalam kemodernan.




No comments:

Post a Comment