Tuesday, August 16, 2011

Pengalaman Menarik Selama Tergabung di Jejaring Sosial Facebook


Nama        : YESI MARLENA
Npm           : D1E009036

PENGALAMAN PRIBADI DI JEJARING SOSIAL (FACEBOOK)

Ada banyak hal yang saya alami selama saya menggunakan facebook. Saya mulai bergabung di facebook ketika saya masih di bangku sekolah menengah atas, disini maksud dan tujuan saya menggunakan facebook hanya untuk ikut-ikutan karena pada saat itu facebook benar-benar jadi , awalnya saya belum mengerti dan sangat awam dengan apa itu facebook. Akun facebook saya pun di buat dan didaftarkan teman saya.
Setelah itu saya diajarkan bagaimana cara menggunakan facebook tersebut, kemudian saya mulai meminta pertemanan kepada teman-teman terdekat saya setelah itu ada banyak teman  yang meng add akun facebook saya. Setelah saya memahami dan dapat mengerti apa dan bagaimana kegunaan facebook itu sendiri, saya baru menyadari manfaat facebook itu cukup besar dalam media komunikasi antar sesama pemakai facebook.
Dengan menggunakan situs jejaring sosial ini kita dapat berteman dengan warga, bangsa dari kalangan manapun diseluruh dunia tanpa mengenal batas waktu, jarak dan ruang maupun status sosial masing-masing individu dikalangan masyarakat. Dari sanalah saya mendapat banyak teman, dari yang tidak kenal menjadi kenal, dari yang kurang akrab menjadi akrab. Akun facebook juga membantu saya berkomunikasi dengan teman-teman saya yang sudah lama tidak bertemu, berkat jejaring sosial inilah saya bisa berkomunikasi kembali dengan teman-teman lama saya.
Berkat facebook Saya juga sering mendapatkan informasi seperti info-info tentang tentang barang-barang,trend fashion, dan lain-lain. Ada banyak teman saya yang menggunakn jejaring sosial untuk berbisnis, seperti bisnis fashion, dari sepatu, baju, alat make up, barang elektronik, aksesoris, hingga bisnis hewan peliharaan seperti hamster, kucing, kelinci, burung, anjing dan masih banyak lagi.
Hal ini memudahkan saya karena saya tidak usah repot-repot pergi ke toko hewan untuk mencari hewan yang saya ingin pelihara karena saya dapat mencari informasi dan melihat serta memesan hewan yangvsaya inginkan hanya dengan bantuan facebook ini saya dapat mengetahui dan mencari informasi. Facebook juga bisa dijadikan tempat untuk menularkan hobi dan trend lainnya, seperti hewan peliharaan ini awalnya saya tidak dan belum pernah memelihara hewan, tapi ketika saya melihat iklan yang dikirimkan oleh teman saya tentang bisnisnya berjualan hamster saya jadi tertarik untuk membeli hewan yang ia jual di facebook tersebut.
Selain trend memelihara hewan saya juga sering mendapat referensi mengenai info seputar trend fashion, hal ini juga memudahkan untuk mencari tahu dan memesan barang tersebut. Hal ini tentunya sangat membantu sekali terutama untuk teman-teman yang malas keliling toko untuk berbelanja.  Di facebook saya juga banyak bergabung di berbagai komunitas ataupunb group seperti komunitas mahasiswa ilmu komunikasi universitas bengkulu.
 Saya juga pernah punya pengalaman yang tidak menyenangkan selama menggunakan facebook, salah-satu teman saya membuat akun facebook untuk menjahili saya dan berpura-pura menjadi artis, dan ternyata orang itu adalah teman saya sendiri. 
Ada banyak hal yang dilkukan orang di jejaring sosial facebook ini, salah satunya berbagi informasi, dengan facebook kita bisa menulis apapun yang ingin kita tulis dan membagikannya di facebook.  Mungkin saja orang  ingin menuliskan suasana hatinya di dinding miliknya, dan facebook juga menjadi tempat curhat dan kemudian membagikannya sehingga semua orang yang berteman dengan  akun facebook nya dapat membaca apa yang ia tulis. Kemudian dari status yang ia bikin tersebut ada banyak yang memberikan komentar, masukkan, semangat, ataupun hujatan bagi yang merasa terganggu ataupun tersinggung atas status yang ditulisnya.
Ada juga orang yang sering mengganti-ganti status facebook miliknya di hampir setiap detik dan terkadang membuat jengkel karena penuh dengan status-staus milik orang tersebut yang bahkan terkadang kurang penting.
Saya pun pernah berteman dengan seseorang di facebook yang hampir di setiap menit mengganti statusnya dan itu pun isinya bisa dibilang tidak penting, karena merasa terganggu akhirnya saya menghapus ia dari facebook saya. hal ini saya lakukan karena merasa terganggu karena harus setiap detik mendapatkan satus-status orang tersebut yang isinya kebanyakan tentang perasaan hatinya yang terlihat selalu galau.
Terkadang orang lupa memperhatikan etika ketika menulis status  karena saking bebasnya menuliskan ide, gagasan,  atau bahkan persaan dan tidak pantas untuk disampaikan ke halayak.
Bahkan di facebook pun sering terjadi kesalah pahaman seperti yang pernah saya dan teman saya alami, hal ini terjadi karena terbukaan informasi yang terjadi di facebook sehingga terkadang muncullah gosip-gosip kemudian menyebar luas dan cepat bahkan berujung sampai ke kantor polisi.
Ketika itu seseorang yang tidak saya kenali menulis status yang bisa dibilang sangat tidak pantas ia bahkan menulis nama saya dan teman-teman saya di statusnya, karena merasa tidak nyaman akhirnya saya dan teman teman saya mengomentari status tersebut namun orang itu malah makin menuliskan status yang semakin tidak sopan, karena merasa tidak dihargai maka kami membawa hal ini dan melaporkannyan pada polisi.
Ada banyak hal yang dilakukukan orang-orang di facebook, saya sering mendapatkan undangan mulaui dari undangan reunian sampai undangan pernikahan yang dikirim ke akun facebook milik saya. selain itu di facebook saya juga sering mendapatkan kuis yang dari kuis tersebut katanya dapat memberitahu pontensi diri yang kita punyai juga ada banyak kuis yang serupa bentuknya yang belum tentu ke kebenarannya.
Terkadang saya merasa waktu saya banyak terbuang sia-sia untuk hal-hal yang kurang bermanfaat apalagi awalnya saya dulunya dalah salah-satu orang yang sangat menggemari facebook sehingga saya banyak menghabiskan waktu hanya untuk situs jejaring sosial ini. Selain banyak menghabiskan waktu dengan hal yang kurang bermanfaat saya juga sering mengabaikan atau bahkan malas mengerjakan hal-hal yang seharusnya saya lakukan sehingga saya sering menunda pekerjaan yang semestinya dikerjakan.
Selain itu membuka facebook yang terlalu sering bahkan untuk hal yang tidak penting tanpa disadari membuat diri saya menjadi boros.
Facebook adalah salah-satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat saat ini. Mulai daari anak-anak sampai oarng tua yang mempunyai dampak positif dan negatif bagi penggunanya
Selalu da dampak positif  dan negatif di facebook, untuk itu kita tetap harus waspada agar ttp berkeyakinan bahwa facebook hanyalah sebuah media untuk memudahkan kita menjlnkn misi dan tujuan pencapaian keberhasilan yg kita emban.
 Maka tidak jadi masalah apabila kita ingin menggunakan facebook. Namun harus tetap menggunakan facebook dengan sewajarnya dan harus segera sadar dan dihindari apabila sudah membuat rugi ataupun berlebihan dalam penggunaanya.

No comments:

Post a Comment