Tuesday, August 16, 2011

Pengalaman Menarik Selama Tergabung di Jejaring Sosial Facebook


NAMA : ROSA AFRIANI
NPM     : D1E009115

Pengalaman pribadi tentang media jejaring sosial facebook

Media jejaring sosial pada saat ini berkembang pesat dengan tingginya minat pengguna media ini diberbagai penjuru dunia. Media jejaring sosial sudah menjadi gaya hidup dari masyarakat dunia  , dimana pengguna media ini terdiri dari berbagai macam kalangan dengan latar belakang yang berbeda pula. Adapun jenis media jejaring sosial antara lain diandaranya adalah facebook, twitter, friendster, my space dan lain sebagainya. Salah satu media yang paling populer dikalangan masyarakat adalah facebook.
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook Inc Pada Januari 2011[update], Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh MySpace. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010. Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook
Dari pejelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengguna facebook merupakan salah satu pengguna media jejaring sosial paling banyak didunia, termasuk juga di indonesia. Tidak dapat dipungkiri dengan menjamurnya masyarakat dalam menggunakan media facebook akan mempengaruhi orang lain untuk ikut menggunakannya. Termasuk yang terjadi dengan saya, dimana saya juga menggunakan  facebook melihat dari perkembangan  yang terjadi dilingkungan saya, terutama teman-teman. Dari situ saya mulai tahu apa itu facebook dan bagaimana cara mengaplikasikannya.
Saya membuat akun facebook sekitar tahun 2009, pada saat itu saya belum terlalu mengerti bagaimana cara menggunakan facebook tersebut. Dari awal pembuatan hingga petunjuk menggunakanya saya diajari oleh teman yang sudah mengerti bagaimana cara kita menggunakan facebook. Dari membuat email, pendaftaran untuk membuat akun facebook dan sampai pada cara menggunakannya. Lama-lama saya mulai mengerti dan sudah bisa menguasai cara menggunakannya.
Yang saya ketahui tentang facebook adalah sebuah media yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain melalui media online. Facebook dapat membantu kita bertemu dengan keluarga, teman-teman lama atau juga bekenalan dengan orang lain. Selain itu menurut saya facebook banyak mempunyai  kegunaan yang lain salah satu nya media untuk menyebarkan informasi keteman-teman.
Dalam menggunakan facebook tentu ada cerita-cerita atau pengalaman unik,lucu, sedih atau bahkan yang tidak mengenakkan yang saya dapatkan. Yang pertama saya akan menceritakan pengalaman menarik tentang facebook, dengan menggunakan media ini saya mempunyai sebuah hiburan ketika saya lagi suntuk atau lagi bosan tidak ada kerjaan. Dalam media facebook ini saya sering berbagi dengan teman-teman melaiu kiriman yang sering dibilang” status”, melalui tulisan distatus itu saya bisa mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran saya kepada teman-teman. Ketika saya lagi sedih atau senang teman-teman bisa tahu .

Melalui facebook saya jg bisa mendapatkan informasi-informasi seperti pemberitahuan acara, informasi perkuliahan atau grup, Informasi terbaru tentang teman-teman. Ada juga yang menggunakan facebook sebagai media untuk mempromosikan barang atau jualan scara online. Kreatif  dan simple itulah tanggapan saya mengenai pejualan barang melalui media online seperti facebook.
Facebook bisa menjadi media yg dapat menghibur saya karena banyak menyediakan aplikasi-aplikasi yang menarik. Aplikasi di facebook banyak macamnya, yang saya suka yaitu gamesnya, aplikasi buat berbagi foto atau video dan masih banyak lagi. Games yang ada dalam facebook sangat menarik dan membuat saya penasaran pengen main terus. Lumayan buat hiburan ketika lagi suntuk dan bosan.
 Facebook juga memberikan dampak negatif, seperti tidur larut malam, pemborosan, terus juga  bisa jadi sasaran iseng orang usil. Saya pernah kena jahil sama orang-orang usil, entah siapa pelakunya yang pasti akun saya pernah kena bajak, sehingga saya tidak bias membuka akun saya. Karena belum terlalu ngerti maka saya meminta tolong sama teman bagaimab caranya mengembalikan akun saya. Ternyata bisa, dan alhamdulillah akun saya tidak diapa-apakan, dari situ saya berniat buat ganti akun dan buat yang baru untuk menghidari kejadian serupa.
Selain kejadian diatas, Khusus buat foto ada satu hal yang menarik saat teman-teman memasukan foto saya yang lagi tertidur pulas dan menandai foto tersebut kebanyak teman, otomatis saya jadi bahan ledekkan mereka. Jengkel, malu, kesal yang saya dapatkan, tapi ga masalah karena seru jg walau jadi bahan guyonan mereka. Masih banyak pengalaman lainnya, dan saya menceritakan gambaran umumnya saja yang saya pikir bisa jadi bahan buat teman-teman dalam berbagi pengalaman tentang media online facebook.
Dari kejadian atau pengalaman saya diatas maka saya mau menyimpulkan bahwa media  jejaring sosial online merupakan gaya hidup masyarakan pada saat sekarang ini. Ada banyak manfaat dan tentu juga ada banyak kerugian. Maka dari itu gunakanlah media jejaring sosial dengan bjiaksana dan aman, sehingga kita dapat menghindari hal-hal bruk yang mungkin terjadi.
Sekian cerita dari pengalaman saya mengenai media jejaring soasial facebook, lebih kurang saya mohon maaf. Semoga berguna untuk berbagi pengalaman.
Terima kasih.


No comments:

Post a Comment